Header Ads

Cengkeh Afo Di Ternate Ternyata Cengkeh Tertua Di Dunia.

Ternate selain memiliki potensi wisata yang luar biasa ternyata menyimpan sejarah keberadaan pohon cengkeh yang sudah berusia raturan tahun, ini menunjukan bahwa dulu ada masa kejayaan perdagangan rempah yang salah satunya cengkeh.
Pohon cengkeh berusia ratusan tahun di Ternate bernama Cengkeh Afo, yang  menjadi bagian sejarah panjang negeri ini. Tampaknya, inilah salah satu daya tarik  Portugis dan Belanda  datang menjajah negeri ini, termasuk Ternate yang terkenal sebagai salah satu penghasil rempah-rempah.
Cengkeh Afo, Kata “afo” dalam bahasa setempat memiliki arti “tua”,  versi lain yang mengatakan bahwa kata “afo” berasal dari nama keluarga Alfalat, yang berhasil menyelamatkan sebuah pohon cengkeh saat Belanda menghanguskan semua tanaman cengkeh untuk mengambil alih monopoli perdagangan cengkeh di Ternate.

Pohon Cengkeh Afo 1 (generasi pertama) mencapai usia  sekitar 400 tahun lebih dan saat ini sudah punah sedangkan Cengkeh Afo 2 (Generasi Kedua)  usianya 200 tahun.  Pohon Cengkeh Afo 2 berada diketinggian sekitar 400 meter dari permukaan laut di wilayah Desa Air Tege Tege, Kelurahan Tabahawa, Ternate Tengah.  Jadi  tak sulit menjangkau lokasi tumbuhnya cengkeh Afo ini. Dari kota Ternate waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 20 menit saja.

Baca Juga : Wisata Pohon Cengkeh Ternate

No comments:

Powered by Blogger.