Header Ads

Meriahnya Denpasar Festival 2016 Saat Liburan Dan Menjelang Pergantian Tahun

Pagelaran rutin Denpasar Festival (Denfest) di 2016 ini merupakan yang ke-9 tahun yang berlangsung 28 - 31 Desember 2016.  Festival yang salah satu tujuannya sebagai ajang promosi kebudayaan dan kesenian di Bali diharapkan mampu menyedot perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara yang tengah berlibur di Bali menjelang akhir tahun dan tentunya juga sebagai tempat liburan alternatif di saat libur sekolah.

Festival yang digelar oleh Pemerintah Kota Denpasar ini bertemakan Padmaksara yang mengandung arti delapan langkah menuju pembangunan Kota Denpasar yang lebih berkualitas yaitu menuju Kota Cerdas; menuju Kota Kompeten; penegakan supremasi hukum dalam tata kelola pemerintahan; menuju Heritage City; peningkatan kesejahteraan; pembangunan partisipasi masyarakat sebagai Agen Perubahan; pengembangan Ekonomi Kreatif ditonjolkan sebagai strategi baru pembangunan kota Denpasar.

Padmaksara sebagai teratai penciptaan yang menegaskan luhurnya keterkaitan kehidupan pura (religi/yadnya), pasar (khasanah bisnis) dan puri (pemerintah) yang dibalut pemahaman lebih mendalam akan alam, tata ruang, seni, teknologi, kesehatan dan ilmu pengetahuan (sastra) akan Denpasar.

Kemeriahan festival dipenuhi  ornamen-ornamen ciri khas Bali, dengan menghadirkan beberapa zona  seperti :
  • zona rekreasi anak dan keluarga, yang  terdapat berbagai workshop permainan tradisional dimana terdapat workshop layang-layang, melukis kaos, perpustakaan mini serta panggung pertunjukan anak-anak. Dua buah panggung yang saling berhadap-hadapan di sisi sebelah selatan dan sebelah utara juga sudah disediakan untuk pementasan.
  • Zona Youth yang mengambil ruas jalan Gajah Mada terdapat panggung bagi kawula anak muda, distro serta stan kuliner yang berkaitan dengan cita rasa anak muda masa kini.
  • Selain itu tersedia juga  panggung bagi kawula muda kreatif seperti musik dan pementasan kesenian. 
  • Di bagian depan Museum Bali di timur lapangan digelar pameran busana dan hasil karya yang diperjualbelikan. Sementara di lapangan bagian selatan ada panggung besar untuk pentas seni selama acara berlangsung sesuai jadwal
Pengunjung yang sebagian besar keluarga mengajak anak-anak mereka berkunjung baik saat pagi, siang maupun malam yang penuh dengan berbagai pameran dan pementasan budaya.

Lokasi Denfes terletak di ruas jalan Gajah Mada Timur dan sebagian Jalan Veteran, saat acara berlangsung lalulintas di ruas jalan Gajah Mada Timur dan sebagian Jalan Veteran  ditutup sementara hingga acara selesai.

Sederatan acara yang digelar di  Denpasar Festival 2016 kali ini yaitu :

  • Rabu, 28 Desember 2016 : Inagurasi Pembukaan Denpasar Festival, Parade Topeng di area Catur Muka.
  • Rabu – Sabtu tanggal 28-31 Desember 2016 : Pentas Seni Musik dan Pertunjukan di panggung utama Lapangan Puputan, Lomba Pameran Photo “Denpasar Kota Pusaka”, Live Painting, Pentas Seni Tradisional dan Pemutaran Film Denpasar di Jalan Veteran, Pameran Dagang Handycraft, Pameran Buku dan Pustaka Langka di Museum Bali, Kuliner di Kawasan Denpasar Festival (Denfest).
  • Kamis, 29 Desember 2016 : Fashion Show di Lapangan/Alun-alun Puputan Badung.
  • Jumat, 30 Desember 2016 : Pementasan Tetrikal di Panggung Utama Anak-anak.
  • Sabtu, 31 Desember 2016 Pawai Melepas Matahari 2016 di Area Catur Muka.
  • Workshop berupa kegiatan menganyam daun kelapa dengan beragam bentuk yang berspiritkan tradisi dan budaya Bali dengan kemasan kekinian yang progresif, penuh daya cipta dan kreativitas dengan tetap berpegang teguh pada akar budaya Bali.
Foto Di Seputaran Denpasar Festival Saat Malam hari :








No comments:

Powered by Blogger.