Header Ads

Ternyata Sisa Sayur Dan Kulit Buah Dapat Dijadikan Cairan Pembersih, Wow!! Bisa Menghemat Uang Belanja Bulanan Nih.

Bagi yang suka didapur dan masak, jangan buru - buru membuang sisa potongan sayur  setelah selesai masak atau juga sehabis makan buah, sebab sisa potongan sayuran dan buah tersebut bisa kita olah menjadi cairan pembersih, semacam sabun (bukan sabun mandi loh) yang dapat digunakan untuk mengepel lantai, cuci piring dan lain-lain yang hendak dibersihkan. Lumayan kan untuk menghemat belanja bulanan.
foto by akun fb : Rinia Ivan Hariyanto
Seperti yang pernah diposting di akun pribadi facebook Rinia Ivan Hariyanto , Cara mengolahnya sangat sederhana, untuk itu  mulai sekarang setiap habis memasak atau makan buah jangan buru - buru membuang sisa potongan sayur dan sisa kulit buah, contohnya : sisa kulit jeruk, kulit timun, kulit buah pir, kulit jeruk bali dan buah lainya serta segala macam jenis sayuran.
Dikumpulkan aja ya !!

Cara membuatnya, sisa potongan sayur dan kulit buah tersebut dipotong kecil - kecil agar bisa dimasukan ke botol yang telah terisi air mineral dan  gula pasir hitam lalu ditutup rapat selama kurang lebih 3 (tiga) bulan, untuk diperhatikan agar setiap hari tutup botol tersebut dibuka/ dikendurkan, ini untuk mengeluarkan gas dari dalam botol, kemudian ditutup rapat kembali begitu seterusnya setiap hari untuk menghindari penumpukan gas didalam botol.

Untuk lebih detail proses pembuatannya hingga bisa digunakan, silahkan hubungi akun facebook Rinia Ivan Hariyanto. Thanks.

Kegunaannya  dapat dipakai untuk mengepel lantai, cuci piring, dan lain-lain yang hendak dibersihkan. Cara menggunakanya cukup dituangkan ke tutup botol dan campur dengan air disesuaikan dengan banyaknya pemakaian. Pemakaian dari hasil olahan ini sudah dipraktikkan dan terbukti selama 2 tahun. Untuk mencuci piring gak kalah bersih dengan cairan pembersih yang biasa  dibeli dari toko.

1 comment:

  1. lumayan menghemat nih
    memanfaatkan kulit buah dan sayur untuk cairan pembersih :)




    ---
    Supplier Tas Terbesar

    ReplyDelete

Powered by Blogger.