Header Ads

Motor Matik Boros BBM? Anggapan Yang Tidak Sepenuhnya Benar

Banyak kalangan yang beranggapan motor matik boros konsumsi bahan bakar, anggapan tersebut tidaklah semuanya benar. Kebanyakan pemakai motor matik tidak menyadari ada beberapa kebiasaan mereka dalam mengendarai motor matik yang  menjadi salah satu faktor borosnya penggunaan bahan bakar.
Inilah beberapa kebiasaan penyebab motor matik boros konsumsi bahan bakar yang sebaiknya dihindari, diantaranya adalah: 
  • Kebiasaan menggeber gas. Menarik gas dengan tiba-tiba (spontan) sangat berpengaruh dengan konsumsi bahan bakar karena hal itu langsung berhubungan dengan sistem transmisi motor matik. Sebaiknya hindari kebiasaan menggeber gas. Selain menghemat bahan bakar, menarik gas dengan halus dapat memperpanjang usia komponen mesin dan transmisi motor matik. 
  • Jenis Bahan Bakar Murah (BBM). membeli dan mengisi jenis bahan bakar minyak yang murah tentu saja dapat menghemat pengeluaran. Namun ternyata itu tidak sepenuhnya benar karena Motor matik kurang cocok dengan bahan bakar jenis premium, lebih cocok dengan bbm dengan nilai oktan tinggi agar sistem pembakaran lebih optimal, Dengan begitu penggunaan bahan bakar tentu menjadi lebih efisien.
  • Membawa Beban Berlebihan. Motor matik didesain dengan ruang yang lebih luas dibandingkan dengan motor bebek lainnya. Kondisi ini dimanfaatkan bagi para  pengendara untuk membawa barang-barang diatasnya. Namun semakin berat beban yang dibawa maka semakin berat pula kinerja atau tarikan motor yang berimbas semakin borosnya penggunaan bahan bakar minyak.
  • Tekanan Ban. Nampaknya sepele memang, akan tetapi tekanan ban juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar pada motor matik. Jika ukuran tekanan ban dibawah normal atau sedikit kempis, kinerja motor cukup terbebani. 
 Itulah beberapa hal tersebut diatas yang mesti diperhatikan dan dihindari, agar motor matik  yang dipakai lebih hemat BBM.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.