Header Ads

Boleh Juga Nih Coba Ditanam, 6 Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Ampuh

Beberapa Tanaman  yang berguna untuk ngusirin nyamuk nih boleh juga dicoba tanam dirumah, itung - itung sekalian kegiatan bertanam ria di pot maupun halaman dirumah. Tanaman pengusir serangga seperti nyamuk  selain aman bagi kesehatan, lingkungan dan murah muriah juga ternyata beberapa dari tumbuhan ini juga indah sehingga bisa dijadikan sebagai penghias ruangan maupun halaman.

Tanaman apa aja sih yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk dan serangga seperti yang disebutkan diatas, langsung disimak dibawah ini :


1. Bunga Lavender

Tanaman yang berasal dari Pegunungan Alpen di Swiss ini memiliki bunganya yang  berwarna ungu, bergerombol diujung tangkai, ditempat aslinya biasanya tumbuh  menghiasi padang rumput di kaki pegunungan Alpen.
photo by tim creative
Nyamuk sangat tidak suka dengan aroma bunga ini, kenapa? Karena bunga lavender mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Untuk memperoleh kedua zat ini dari proses penyulingan hingga bisa dibuat menjadi anti nyamuk. Apakah kita harus menyuling bunga lavender?  Yah repot dong, untuk efek agar nyamuk pergi, sebaiknya cukup menanamnya di pot atau tanah di dekat jendela kamar anda.

2. Bunga Geranium atau Tapak Dara

Tanaman bunga geranium/ Tapak Dara ini mudah tumbuh, karena didukung  iklim di Indonesia sangat menunjang untuk pertumbuhan dari bunga ini. Bunga ini  mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk. Tanam geranium dapat ditanama di dalam pot dan letakkan di tempat yang terkena embusan angin. Saat daun-daun Geranium bergesekan, aromanya akan tercium dan membuat nyamuk pergi.
Banyak manfaat dari tumbuh tapak dara ini, salah satunya dari sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak geranium radula mampu menolak nyamuk aedes aegypti. Hanya dengan mengoleskan ekstrak tumbuhan ini pada bagian tubuh, nyamuk penyebab demam berdarah tersebut kabur. Hebatnya, ekstrak geranium juga tidak menimbulkan iritasi kulit.

3. Marygold/ Gumitir

Tumbuhan dengan bunga semarak: kuning, merah ini banyak ditemukan di Indonesia dan lebih dikenal dengan nama bunga tai kotok dijawa sendiri disebut bunga kenikir sedangkan dibali biasa disebut bunga  gemitir atau mitir. Marygold memiliki dua jenis, yakni tagetes erecta dan tagetes patula.
photo by biopasta

Baunya yang tidak enak ternyata bisa mengusir nyamuk. Dengan bunga yang indah, tak ada salahnya jika marygold dipajang di salah satu sudut ruangan rumah.

4. Bunga Rosemary
 
photo by kebunkita

Aroma bunga Rosemary yang menghasilkan bau seperti minyak telon membuat nyamuk menjauhinya.  Tamanan ini tumbuh subur di bawah sinar matahari, tanaman ini boleh juga kalau ditaruh di dekat jendela, Cara pemanfaatan lainnya coba gosokkan daunnya yang berbentuk jarum pada kulit.

5. Serai
Tanaman serai aromanya wangi mudah kok tumbuh dihalaman maupun dicoba ditanama dipo,  daunnya tunggal berjumbai, panjang 1 m, lebar 1,5 cm, bagian bawahnya agak kasar, tulang daun sejajar, batang tidak berkayu, berusuk-rusuk pendek, berwarna putih dan akarnya serabut.
benih.info
Tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masak ini ternyata mampu membunuh nyamuk, karena mengandung zat geraniol dan sitronelal. Lantaran kandungannya tersebut, tumbuhan yang masuk jenis rumput-rumputan ini mulai digunakan sebagai bahan lotion anti-nyamuk.

6. Zodia

Tanaman asli Papua ini termasuk famili Rutaceae, yang mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine yang berfungsi sebagai penghalau nyamuk yang mampu bertahan selama 6 jam. Masyarakat Papua biasa menggosokkan daun ini pada tubuh sebelum masuk hutan untuk menghindari serangga.
Untuk menghindari serbuan nyamuk ke dalam rumah, letakkan zodia di titik akses masuknya angin ke dalam ruangan—bisa juga diletakkan dekat kipas angin. Embusan angin akan membuat aroma zodia tersebar ke seluruh ruangan dan mengusir nyamuk. Cuman harus hindari meletakkan zodia di ruangan sempit dengan sirkulasi udara terbatas, karena aroma zodia bisa membuat pening.

No comments:

Powered by Blogger.