Header Ads

Pulau Zum Zum Mc Arthur Yang Cantik, Saksi Bisu Perang Dunia II di Indonesia Timur

Destinasi wisata bahari unggulan di Maluku Utara Indonesia timur yaitu Kepulauan  Morotai, salah satu pulau yang berada di Kepulauan Morotai adalah Pulau Zum Zum Mc Arthur, untuk menuju  Pulau Zum Zum dapat ditempuh kurang lebih dari 15 menit dari Pelabuhan Daruba Kabupaten Morotai.
 ZUMZUM_MC_ARTHUR_ISLAND

Sepi memang, di pulau tak berpenghuni ini terdapat Monumen Jenderal Douglas Mc Arthur, seorang panglima pasukan Perang Pasifik. Monumen dibangun sebagai bukti sejarah  mengingat kembali peran penting Jenderal MacArthur pada Perang Dunia II di Morotai.


Jenderal Douglas Mc Arthur pernah menjadikan Pulau Morotai sebagai pangkalan pasukan sekutu, dan  mengatur strategi perang dari sebuah pulau kecil, Zum-Zum. Sehingga tak heran hingga kini  Pulau Zum Zum juga dikenal sebagai Mc Arthur Island.
zum zum mc arthur
Pasir putih mengelilingi pulau itu, perahu bisa dengan mudah berlabuh karena ada dermaga. Saat Anda  menginjakkan kaki di Pulau Zum-Zum, akan tampak tulisan nama pulau " Zum Zum Mc Arthur Island' membentang di pinggir pantai,  dan disisi sebelah, beridir  patung sang Jenderal yang berdiri kokoh memandang laut. 
Sayangnya, kondisi pulau Zum-Zum tampak kurang terawat, terlihat semak belukar menjalar sampai jalan setapak menuju patung sang Jenderal. Beberapa aktivitas wisata menarik sepertinya dapat dilakukan seperti  snorkeling, diving, dan berkeliling dengan menggunakan speed boat.

No comments:

Powered by Blogger.