Header Ads

Ini Tempat Dan Larangan Main Pokémon GO Di Indonesia Beserta Alasannya

Permainan online Pokémon GO berbasis teknologi Augmented Reality sudah digandrungi  di Indonesia walaupun belum dirilis secara resmi masyarakat sudah bisa mengunduh game itu. Game  dengan teknologi Augmented Reality yakni menggabungkan dunia maya yang ada di kamera ponsel pintar dengan tampilan fisik di sekitar pemainnya mulai menuai larangan di beberapa tempat di Indonesia.


Berbagai alasan larangan bermain Pokémon GO diungkapkan,  mulai  dari berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi pemainnya, seperti kecelakaan karena terlalu asyik bermain,  selain itu, karena permainan tersebut menggunakan data visual dan geolokasi berbasis Global Positioning System (GPS) terdapat potensi ancaman keamanan negara jika dimainkan di tempat-tempat rahasia, yang kemudian secara sengaja maupun tidak disengaja, data tersebut tersadap oleh badan intelijen asing.

Dimana aja sih tempat dilarang bermain  Pokémon GO di Indonesia, ini nih :

Dilarang Main "Pokemon Go" di Istana Kepresidenan

Pihak Istana telah melarang bermain "Pokemon Go" di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta. Selebaran mengenai larangan ini sudah ditempel di sejumlah lokasi, salah satunya di pintu masuk ruangan pers. Selebaran tersebut berbunyi, "Dilarang bermain atau mencari Pokemon di lingkungan Istana".

Larangan bermain Pokemon Go ini berlaku untuk semua orang yang berada di Lingkungan Istana Kepresidenan, mulai dari wartawan, tamu, hingga karyawan dan pejabat di Istana.

Dilarang Main Pokemon di Markas Polisi

Selain melarang seluruh anggota Polri bermain game Pokemon GO saat berdinas di lingkungan Polri, juga berlaku berlaku bagi tamu ataupun siapa saja yang berkunjung ke markas kepolisian. Larang ini sesuai dengan surat telegram No : STR/533/VII/2016 tanggal 19 Juli 2016.

Dalam surat tersebut disebutkan permainan Pokemon mengharuskan pemain mengaktifkan geolokasi. Ini dinilai berbahaya jika lokasi permainan di markas kepolisian. Karena akan terekam dan dikhawatirkan ada informasi yang bocor ke pihak tidak bertanggung jawab. Untuk itu apabila ada tamu yang bermain Pokemon, maka anggota Polri yang mengetahui diminta untuk menegur.

Tidak hanya itu, permainan Pokemon juga dianggap dapat memicu keributan sesama pemain karena memperebutkan bonus dan Pokemon.Termasuk mungkin pula, pihak yang tersinggung menyerang lewat dunia maya dan membuat pemain lain dilaporkan dengan UU ITE.
Dilarang Main Pokemon Go di Instansi Militer Di Indonesia dan Para Anggota TNI

Selain anggota Polri, himbauan atau pelarangan untuk bermain game Pokemon Go juga diberlakukan bagi anggota TNI, Kapuspen TNI  mengungkapkan,  terkait larangan bermain Pokemon bagi prajurit TNI khusus di jajaran TNI dilarang bermain pokemon selama dalam tugas.

Larangan serupa juga sesuai surat edaran dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut yang juga melarang anggota TNI AL bermain Pokemon Go, menyebutkan permainan di telepon pintar itu dapat merekonsiliasi data citra fisik untuk memetakan setiap sudut wilayah, yang berfungsi sebagai geospatial intelligence (intelijen geospasial),  Sehingga dilarang main Pokemon  GO di instansi militer. 


Larangan Main Pokemon GO di Lingkungan Kantor  Pemerintahan dan Pegawai Negeri Sipil (PNS)



Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengingatkan PNS agar tidak bermain Pokemon Go saat bekerja. Melalui pesan pada akun twitter Menpan-RB Yuddy Chrisnandi  menegaskan larangan bagi PNS bermain Pokemon Go di lingkungan kantor, terutama bagi PNS di lingkungan Kemenpan- RB. Alasannya adalah demi keamanan dan kerahasiaan di setiap instansi pemerintahan. Larangan serupa juga dilakukan sejumlah kepala daerah di Tanah Air.

related search : alasan pokemon Go di larang,tempat dilarang main pokemon go, jenis-jenis pokemon  Trik Pokemon Go

No comments:

Powered by Blogger.