Header Ads

Trik Social Engineering Hacker Meretas Manusia, Hati - Hati!! Bukan Hanya Komputer, Tapi Langsung Diri Anda Sasarannya, Ini Dia Cara Dan Antisipasinya.

Hacker dan komputer boleh dibilang saling kerjasama  selalu berdampingan,kerap berlama-lama duduk di depan komputer dengan melakukan aktivitas yang  biasanya meretas password atau informasi kredensial lainnya dengan cara menyusupi komputer orang dengan dengan beragam teknis menyusup.



Ada juga  metode  lain yang digunakan hacker untuk meretas,  metode itu dinamai socialengineering. Teknik ini bukan lewat komputer namun hacker bisa langsung 'meretas' manusianya itu sendiri.

Cara ini muncul seiring dengan berkembangnya isu soal keamanan sehingga para pengguna komputer pun semakin waspada dan ini menyebabkan seorang hacker semakin berat untuk meretas.

Seperti apa sih cara kerja social engineering?  sangat sederhana seperti berikut ini :
  • Melalui hubungan sosial seperti obrolan hacker untuk mengorek informasi yang dibutuhkannya. hacker akan memanfaatkan ketidaksadaran target ketika mengorek informasi.
  • Dengan obrolan hacker  mengorek kebiasaan penggunaan password targetnya. 
  • Setelah diketahui kebiasaan target,selanjutnya tinggal menggiring arah pembicaraan ke arah informasi lain terkait akun penggunna. 
  • Biasanya untuk menghindari kecurigaan, hacker biasanya akan menyelingi obrolan dengan bicara yang lain. 
  • Konon dengan cara ini,  jika informasi dari target telah cukup banyak didapat, hacker butuh waktu hanya setengah jam untuk meretas akun sang target. 
Hal -  hal untuk Antisipasi hacker meretas dengan cara social enginering ini yaitu :
  • Jika anda pengguna sosial media (contoh facebook), berhati -  hatilah dan waspada terhadap  permintaan pertemanan baru dari orang yang tidak dikenal sebelumnya, apalagi setelah diterima pertemanan,  teman baru itu langsung ngobrol akrab layaknya teman yang sudah kenal lama  baik di inbox dan di komentar. 
  • Berhati - hati lah berbagi informasi pribadi di akun sosmed anda, sebisannya diprivasi untuk orang orang tertentu saja. 
  • Jangan terlalu sering menulis/ kebiasaan anda di sosmed,  baik berupa nama seseorang, barang,  tempat,  gaya hidup dan lainnya dalam kehidupan anda.

Meski kelihatannya mudah,  namun tetap bukan perkara mudah bagi seorang hacker untuk mengimplementasikan social engineering,  butuh pendekatan ke target agar menjadi yakin dan mau bicara blak -  blakan.

Walaupun peluangnya sulit,  tetap mesti berhati -  hati, membicarakan informasi pribadi anda ke orang lain, karena bisa saja anda sedang jadi target social engineering.
(berbagai sumber)

search related :
cara hacker facebook dengan mudah
cara hacker password facebook
cara hacker curi data kartu kredit
cara hacker facebook orang lain
cara hacker facebook
cara hacker fb
cara hacker chip poker
cara hacker wifi

No comments:

Powered by Blogger.