Header Ads

Tips Memotret Gerhana Matahari Dengan Smartphone Anda

Peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT)  Maret 2016 melintas di 12 daratan Indonesia, termasuk  provinsi Maluku Utara, dimana  salah satu lokasi untuk menonton peristiwa langka itu yaitu kota Ternate. Peristiwa langit yang istimewa ini tentunya  bakal menjadi objek foto yang menarik. Apalagi dengan berkembangnya teknologi, banyak orang  ingin mengabadikan fenomena langit yang langka ini, dimana banyak jenis kamera digital yang bisa dijadikan untuk mengabadikan proses GMT tersebut.
(ilustrasi)
Pertanyaanya apakah bisa perstiwa GMT diabadikan dengan  menggunakan kamera yang tertanam pada  mobile phone atau smartphone juga?  Tentu saja bisa, walaupun hasilnya tidak akan semaksimal menggunakan DSLR tetapi dengan segala keterbatasannya, anda tentunya  bisa mengadikan peristiwa langit yang langka itu. Beberapa tips cara foto Gerhana Matahari,  yang dikumpulkan dari beberapa tips yang pernah dimuat seperti berikut ini :
  1. Pilihlah lokasi  dan waktu yang tepat untuk memotret peristiwa GMT dengan smartphone Anda,  cari informasi diinternet terkait kapan tepatnya gerhana terjadi di lokasi anda.Sebelum GMT cobalah untuk mengambil beberapa kali foto sebagai percobaan di jam yang sama di hari-hari sebelum gerhana  terjadi.  Biasanya dengan kemampuan kamera smartphone  yang terbatas diperlukan / disarankan mem-foto gerhana matahari dengan mencari lokasi-lokasi  terbuka seperti di pantai,Gunung, tanah lapang, jembatan, atau dari ketinggian.
  2. Maksimalkan fitur kamera  smartphone Anda. Smartphone memiliki sensor dan lensa yang kecil dengan sudut yang sangat lebar, sehingga hampir mustahil untuk memotret gerhana yang memenuhi gambar, lebih baik memotret keadaan sekitar pada saat gerhana.
  3. Gunakan Tripod yang dapat kamu tempatkan di mana saja., Jika kamu ingin mendapatkan sebuah framing yang berharga atau time-lapse,  dengan  fitur timelapse atau landscape potrait dengan fokus utama siluet yang dihasilkan dari gerhana matahari ini. 
  4. Dengan mobile phone,sebaiknya anda  merekam perubahan yang terjadi selama gerhana, Cahaya yang tidak biasa adalah hal yang menjadi perbedaan pada saat gerahana, jadi mengambil beberapa foto pada beberapa jarak waktu akan lebih baik daripada hanya mengambil satu foto saja.
  5. Jika smarpthone Anda ada Fitur Optical Zoom , Optimalkan Fitur Optical Zoom ini, Abadikan momen gerhana matahari dengan kamera yang memiliki fituroptical zoom. Anda bisa mengambil foto gerhana yang indah dengan memakai fitur zoom sampai 12 kali.
  6. Ada banyak sekali aplikasi untuk membuat video time-lapse, Jadi mulailah sekitar setengah jam sebelum gerhana terjadi, dan rekamlah pergerakan awan, bayangan, dan perubahan cahaya selama gerhana.
  7. Bereskperimen-lah terlebih dahulu sebelum proses GMT Terjadi, semisal dengan  menggunakan lensa tambahan dan ada banyak macam aksesori tambahan yang bisa kamu tambahkan ke smartphone, seperti Olloclip, yang dapat berfungsi sebagai lensa tele mini.
  8. Jika Anda ingin tetap mengabadikan diri Anda dengan momen gerhana matahari, coba lakukan selfie dengan membelakangi gerhana. Hasilnya memang tidak akan terlihat secara jelas karena wajah Anda akan terkena backlight dan menjadi gelap. Namun akan menghasilnya efek fsinar gerhana matahari.
  9. Untuk Memaksimalkan hasil bidikan kamera smartphone,  anda boleh saja mengedit hasil foto dengan fotoshop. Walaupun hasilnya bukan foto gerhana terbaik tapi foto Anda bisa menajdi foto gerhana matahari yang  keren tentunya.
  10. Saat menyaksikan GMT, sebaiknya menggunakan kacamata khusus untuk melihat peristiwa gerhana yang telah direkomendasikan.Biasanya kacamata ini telah dilengkapai dengan  filter untuk penyaring cahaya matahari. Filter itu untuk menapis sebagian besar sinar matahari yang diterima mata
Demikianlah  memang tidak akan mendapatkan foto seperti yang dimiliki para photographer profesional  tetapi setidaknya Anda bisa mengabadikan perisiwa langka tersebut.

Baca Juga :

No comments:

Powered by Blogger.