Header Ads

Tahukah Anda Beda Mentega Dan Margarin

Banyak orang yang belum paham bahwa margarin dan mentega itu beda,  menganggap margarin dan mentega merupakan barang yang sama.  Perbedaannya mentega dan margarine adalah sebagai berikut :

  • Margarin dan mentega terbuat dari bahan baku yang berbeda. Margarin dibuat dari lemak nabati atau minyak tumbuhan dicampur dengan garam dan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan ini kemudian dicampur dan melewati proses hydrogenasi saat dibuat.
  • Sedangkan  Mentega, terbuat dari lemak susu hewan yang diproses dengan beberapa tambahan bahan seperti garam dan air. Karena terbuat dari lemak hewani, aroma mentega lebih tajam dan menggugah selera.
  • Dilihat dari teksturnya, margarin berbentuk lebih padat daripada mentega dan memiliki pengemulsi dengan kemampuan yang lebih baik. Kemudian dari warna, margarin berwarna kuning terang, sementara mentega berwarna kuning pucat. Dalam suhu ruangan margarin tidak mudah meleleh dan lebih tahan lama. 
  • Rasa, mentega terasa lebih gurih sedangkan margarin rasanya cenderung lebih asin.
  • Kandungan gizi, mentega yang terbuat dari lemak hewani mengandung vitamin A, D, E, dan K serta tidak larut dalam air. Dengan kadar lemak hewaninya yang banyak, mentega mampu memberikan efek kenyang lebih lama. Sementara margarin lebih kaya akan vitamin A dan vitamin E serta mengandung lebih sedikit lemak dibanding mentega. Selain itu margarin juga mengandung banyak lemak tak jenuh yang kaya akan omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan. Namun, perlu diketahui beberapa jenis margarin juga mengandung lemak trans yang merupakan kolesterol jahat.
  • Mentega sangat cocok jika ingin membuat kue kering yang garing sekaligus lembut. Selain teksturnya lebih bagus dan aromanya lebih harum, kue yang dibuat menggunakan mentega juga akan lebih tahan lama.
  • Sementara margarin sangat cocok digunakan untuk membuar berbagai jenis kue basah. Penggunaan lainnya, margarin seringkali digunakan untuk memasak seperti menumis dan menggoreng. Hasil gorengan yang didapatkan lebih renyah dan lebih gurih dibandingkan dengan minyak goreng cair konvensional. Selain itu, hasil gorengannya juga lebih garing tanpa menyisakan tetesan minyak. 

No comments:

Powered by Blogger.