Ponsel Anda Disadap? Ini Dia Cara Ketahui Dan Cirinya

 

Curiga dengan handphone (HP) anda disadap seseorang, apa lagi jika itu dari hadiah atau pemberian  sebaiknya di periksa terlebih dahulu  siapa tahu sudah di sisipi dengan software atau di setting forward ke nomor HP lain.

Jika anda curiga HP anda telah disetting telah di forwad atau diteruskan ke nomor pemakai lain sebaiknya di cek dulu dengan langkah seperti ini:
  • Coba dial / tekan  *#61# lalu OK, sebenarnya kode *#61#  ini  merupakan fitur forwarding baik suara, pesan, media, dan lain-lain. Namun biasanya lebih merupakan call divert, call forwarding, voice messaging atau mailbox. Setelah kode diatas ditekan , jika fitur ini  telah diaktifkan/ disetting,   maka akan muncul  nomor HP tujuan lain. Kalau itu bukan no yang anda kenal segera non aktifkan fitur tersebut. 
Pada dasarnya ada 2 jenis penyadapan, pertama menggunakan alat sadap berdasar frekuensi telpon. alat ini berharga 1-4M diantaranya dimiliki lembaga antikorupsi di indonesia. nama alat tersebut ATIS Gueher Gmbh buatan Jerman. Lalu ada juga software penyadap handphone.
Secanggih apapun sebuah alat pasti memliki ciri kelemahannya, apa ciri ciri bila disadap oleh alat semacam ini ?
  • Ada suara berdengung panjang, suara lawan bicara seperti berada di lorong yang bergema.
  • Bila saya menelepon ke nomor-nomor tertentu akan putus setiap beberapa menit, padahal tidak sedang di luar kota.
  • Delay penyampaian SMS, bahkan cukup banyak SMS tak sampai. Kedua soal ini bisa dikilahkan karena buruknya layanan operator.
  • Sulit sekali menelepon ke nomor-nomor tertentu. Bahkan saat si empunya nomor ada di samping saya secara fisik sehingga bisa dilihat handphonenya baik-baik saja (on, sinyal penuh, dan tidak dipakai).
  • Ada suara aneh semacam “cklik” atau “nut” sesaat sebelum nada sambung (atau NSP) berbunyi.
  • Sering ada suara lain semacam induksi ala PSTN saat menelepon dari HP ke sesama nomor HP. Pertanyaannya, apakah induksi bisa terjadi pada telepon seluler yang nirkabel?
  • Yang paling aneh, saat saya menelepon dengan memencet angka satu per satu (bukan dial dari phone book memory) kepada nomor tertentu, malah sambung ke nomor yang lain. Saya memencet nomor 1. Bila baterai ponsel Anda menjadi lebih cepat terkuras padahal jarang digunakan, Anda harus curiga. Sebab, sebuah software mata-mata (spyware) yang sudah tertanam di ponsel, biasanya akan mengirimkan informasi-informasi kepada si penyadap. Hal ini menyebabkan baterai ponsel akan lebih cepat terkuras.
  • Walaupun Anda tak menggunakan ponsel tersebut, bila disentuh, ponsel ini terasa hangat karena walaupun terlihat tak digunakan, ponsel ini sebenarnya bekerja, kemungkinan karena proses penyadapan itu sendiri.
  • Saat digunakan untuk menelepon orang lain, Anda mendengar berbagai macam bunyi-bunyian, misalnya bunyi klik, derau, atau bunyi lainnya. Bahkan, kemungkinan volume ponsel juga bisa bisa berubah-rubah sendiri.
  • Bila terdengar bunyi yang tak wajar dari ponsel saat sedang tak digunakan, kemungkinan ponsel Anda sedang bekerja, berfungsi sebagai receiver atau transmitter yang sedang menerima percakapan telepon di area sekitarnya. 
  • Saat ponsel digunakan berkomunikasi, biasanya ponsel tiba-tiba mati, sinyal tiba-tiba turun atau suaranya mendengung.
  • Lakukan tes. Beritahu kepada orang yang Anda percaya bisa memegang rahasia, tentang informasi tertentu. Bila kemudian orang lain mengetahui informasi Anda itu, tandanya, ponsel Anda sudah disadap orang.
Cara menghentikan penyadapan ponsel : 
  • Matikan telepon pada saat sedang tidak anda pergunakan secara berkala (misalnya dimatikan saat mau tidur dan dihidupkan kembali saat bangun tidur), hal ini bertujuan untuk mencegah program penyadap telepon terus bekerja merekam dan memantau telepon dan sms anda, kebanyakan program penyadap telepon terganggu kerjanya bila telepon di matikan, jadi bila anda merasa telepon anda di sadap, mematikan telepon adalah cara anti sadap telepon yang efektif.
  • Matikan fungsi bluetooth dan fungsi GPS bila sedang tidak anda butuhkan karena penyadap telepon memiliki teknologi memantau keberadaan anda dengan fungsi GPS, termasuk juga jangan melakukan koneksi sembarangan dengan bluetooth, lakukan koneksi bluetooth dengan perangkat llain atau orang lain yang benar-benar anda percaya.
  • Hubungi provider langganan anda bila anda merasa sedang di sadap, mohon kepada provider untuk membantu mengatasi permasalahan sadap telepon yang anda hadapi, provider sudah terbiasa menghadapi hal ini, mereka juga mempunyai program deteksi bila telepon anda benar-benar di sadap, kalau perlu minta juga mereka untuk menghapus memori pembicaraan dan sms anda (ini berlaku biasanya hanya untuk pelanggan pasca bayar)
  • Hindari penggunaan HP dengan sistem operasi canggih , karena HP canggih terdapat fitur bluetooth, WiFi, JAVA, dll, sebagai ganti gunakan HP jenis lama , ini lebih aman karena tentu hp jenis lama belum support dengan program program sadap handphone.
  • Jangan berkomunikas via handphone dilokasi rutin anda, seperti dirumah atau dikantor, karena bisa saja semua sinyal yg keluar masuk dari lokasi itu sudah disadap, jadi walau sudah ganti nomor atau ganti handphone tetap saja bisa disadap jika lokasi itu sudah di lengkapi alat sadap handphone
  • Cara terakhir dengan cara hard reset telepon anda (Restore default pada iPhone, Samsung dan Nokia, Wipe pada Blackberry), untuk mengembalikan ke settingan awal (setting default) dengan me-reset telepon secara hard reset, jangan tanggung-tanggung soft reset, lakukan hard reset agar segala program tambahan pada telepon anda teruninstall dengan sendirinya, semua program tersembunyi dari pihak ketiga akan non aktif dengan cara hard reset
Nonaktifkan fitur forwarding yang diduga sebagai aksi penyadapan, dengan cara yaitu:
  • Operator XL dengan melakukan panggilan ke #818#
  • Operator TELKOMSEL dengan melakukan panggilan ke #222#
  • Operator 3 (THREE) dengan melakukan panggilan ke #100#
Jika ternyata fitur yang dimaksud adalah voice messaging. Untuk operator lain tinggal cari tau saja nomor panggilan untuk voice messaging ataupun mailbox. Untuk menonaktifkannya tinggal lakukan panggilan ke nomor :
#[nomor voice messanging Operator]#

Untuk mengaktifkannya tinggal lakukan panggilan ke nomor
*[nomor voice messanging Operator]#

Untuk mengetahui statusnya tinggal lakukan panggilan ke nomor
*#[nomor voice messanging Operator]#
 

Baca Juga : 

Ponsel Anda Disadap? Ini Dia Cara Ketahui Dan Cirinya 4.5 5 asrot asrot Curiga dengan handphone (HP) anda disadap seseorang, apa lagi jika itu dari hadiah atau pemberian  sebaiknya di periksa terlebih dahulu  si...


No comments:

Post a Comment

Copyright © asrot. All Rights Reserved.   New Thesis SEO V2 Theme by CB Design