Header Ads

22 Fakta Gerhana Matahari Total, Ini Dia

Gerhana Matahari Total (GMT) merupakan  salah satu peristiwa langit langka, GMT terjadi ketika Bulan berada pada fase bulan baru saat bulan berada di antara Matahari dan Bumi sehingga bayang-bayang Bulan akan jatuh ke permukaan Bumi atau dengan kata lain cahaya Matahari terhalang oleh Bulan. Tapi tidak semua daerah akan mengalami gerhana. Hanya daerah  di Bumi yang dilewati oleh bayang – bayang Bulan yang akan mengalami gerhana.

Peristiwa langka dan istimewa ini akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016, dikatakan langka istimewa  bagi Indonesia kali ini karena memang hanya bisa diamati di daratan Indonesia. apa aja sih fakta - fakta seputar Gerhana Matahari Total? berikut ini dia :
  1. Istimewanya penampakan GMT Maret 2016 kali ini hanya melintas di daratan yang ada  di Indonesia dan  merupakan hal yang pertama di RI pada Abad ke-21.
  2. Lintasan GMT di 12 provinsi di Indonesia dengan durasi sekitar 2-3 menit. 
  3. Kawasan Maba, Halmahera Timur disebut sebagai lokasi perlintasan terlama (3 menit 17 detik).
  4. Gerhana matahari total berikutnya baru melintas di wilayah Nusantara pada 20 April 2023. 
  5. Gerhana matahari total hanya akan terjadi sekitar 300 tahun sekali di satu daerah
  6. Ternyata tak diketahui periode pasti fenomena tersebut akan terjadi dan berulang di satu daerah. Hanya ada hitungan pola 18-19 tahun, sesuai dengan periode Saros atau siklus gerhana. Namun, jalurnya berbeda.
  7. Tahukah Anda, ketika gerhana matahari, saat sang surya ditutup, bintang-bintang di sekitar matahari sedikit bergeser.
  8. Saat gerhana matahari total,  perubahan perilaku hewan juga diperkirakan akan terjadi, terutama pada binatang malam.
  9. Peristiwa GMT bukan kali pertamanya terjadi di Indonesia. Fenomena itu pernah ada pada tahun 1983, 1988, dan 1995.
  10. Saat fenomena gerhana matahari total, para peneliti untuk melakukan sejumlah riset : terkait fisika matahari maupun fisika umum dan dampak dan keantariksaan.
  11. Teori Einstin-pun diuji dengan dijadikan pembuktian teori relativitas Einstein. Bahwa suatu benda bisa membelokkan cahaya.
  12. Tahukah Anda, ketika gerhana matahari, saat sang surya ditutup, bintang-bintang di sekitar matahari sedikit bergeser.
  13. Gerhana matahari total adalah fenomena yang luar biasa. Bukan peristiwa penuh marabahaya.
  14. Pada saat gerhana total, justru saat bagus melihat langsung. Tanpa kaca mata, tak perlu pakai filter.
  15. Tetap waspada,  saat Bulan mulai bergeser, cahaya matahari yang walau baru muncul sedikit sudah sangat kuat. Saat itu pupil mata kita sedang membesar, hal itu bisa merusak retina.
  16. Ada 4 jenis gerhana matahari yang bisa terjadi, yaitu total, sebagian, annular, dan hybrid.
  17. GMT dikatakan langka, karena semakin hari bulan bergerak semakin menjauh dari bumi. Kondisi ini membuat momen gerhana matahari total semakin hari juga semakin langka. 
  18. Pemerintah akan memanfaatkan  potensi GMT untuk menarik Wisatawan datang ke Indonesia
  19. Jalur GMT Maret 2016 ini  selebar 155-160 kilometer dan terentang sejauh 1.200-1.300 kilometer, yang kali ini melintasi 12 provinsi di Indonesia, dari Samudra India hingga utara Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. 
  20. Pemerintah khususnya LAPAN telah membentuk panitia nasional GMT 2016. 
  21. Paket wisata GMT bermunculan, Kapal pesiar asal Perancis, Ponant yang bernama Le Soleal menawarkan paket wisata GMT pada 9 Maret mendatang. Diperkirakan kapal ini akan berlayar melintas sejumlah pulau di tanah air terutama ke Ternate dan Tidore dan Taman Laut Bunaken. Kapal pesiar hanya membawa sebanyak 264 penumpang dan merekalah yang akan menjadi saksi GMT di kapal pesiar.
  22. GMT terjadi bertepatan dengan Hari Raya Nyepi Jangan takut tidak bisa menyasikkan fenomena gerhana matahari total ini, karena nantinya pada tanggal 9 Maret 2016 akan bertepatan dengan libur nasional hari raya Nyepi. 
Baca Juga :

No comments:

Powered by Blogger.