Header Ads

Tips Menyikat Gigi Yang Baik Dan efektif

Pastinya setiap hari, 2 kali sehari paling sedikit, kita akan berada di depan cermin dan menggosok gigi, supaya bersih dan wangi. Tapi, pernahkah terpikir bahwa mungkin cara kita menggosok gigi ternyata masih salah. Atau kita sering menggosok gigi, asal-asalan, yang penting gigi kena pasta gigi dan mulut tidak bau.

Terdengar sepele, namun masih banyak orang yang tidak memperhatikan cara menyikat gigi yang baik. Sering menyikat gigi namun bila belum dilakukan dengan tepat, maka pembersihan gigi tidak maksimal dan tujuan menyikat gigi tidak tercapai sepenuhnya.
cara menyikat gigi
  1.  Pada permukaan luar gigi, tempatkan ujung sikat pada tepi gusi membentuk sudut 45 derajat. Ujung sikat menyentuh gigi dan gusi bersamaan. Posisi ini memungkinkan pembersihan pada celah antara gigi dan gusi (sulcus gingiva)
  2. Gerakkan sikat gigi secara memutar, berulang-ulang, mencakup permukaan 2-3 gigi, ulangi gerakan pada 2-3 gigi yang lain.
  3. Pada permukaan dalam gigi belakang atas dan bawah lakukan seperti poin 1 dan 2.
  4. Pada permukaan dalam gigi depan atas dan bawah, gerakkan sikat dari arah gusi ke gigi.
  5. Pada permukaan kunyah seluruh gigi, lakukan gerakan maju-mundur

Prinsip merah-putih (dari arah gusi ke gigi) perlu dilakukan untuk mencegah resesi gingiva, yaitu suatu keadaan dimana garis gusi mengalami penurunan sehingga gigi tampak lebih panjang. Pemilihan bulu sikat gigi yang lembut agar gigi tidak mudah terkikis (abrasi), dan ukuran kepala sikat disesuaikan dengan ukuran gigi. Menggunakan pembersih lidah saat proses menyikat gigi juga penting untuk mencapai pembersihan yang menyeluruh.

Sumber :doktergigi.web.id ; gambar: paulsiodadds.com

Penelusuran yang terkait dengan menyikat gigi :
makalah menyikat gigi cara definisi menyikat gigi menyikat gigi yang benar teknik menyikat gigi pengertian menyikat gigi indikasi menyikat gigi menyikat gigi membatalkan puasa menyikat gigi saat sedang berpuasa

No comments:

Powered by Blogger.