Header Ads

Nonton Bareng Gerhana Matahari Total Maret 2016 di Maluku Utara

Warga  Maluku Utara akan menjadi  paling beruntung di dunia pada tahun 2016 ini karena  akan menjadi daerah dengan durasi totalitas gerhana matahari total terlama di dunia. Menurut data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), didaerah Maluku Utara kota Ternate   akan terjadi gerhana matahari total dengan durasi Gerhana Penuh: 2 menit 43 detik, daerah  Maba merupakan  tempat terjadi totalitas gerhana dengan durasi terlama yaitu selama 3 menit 20 detik.

Kota Maba menjadi daerah  yang berada di garis pusat lintasan gerhana sekaligus menjadi daratan paling timur Indonesia yang masuk dalam jalur gerhana. Para peneliti dari  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan)  dan NASA akan  melakukan penelitian di Maba terkait penampakan gerhana matahari total di daerah Maba.

Di Kota Ternate, Maluku Utara akan terjadi gerhana matahari total dengan durasi Gerhana Penuh: 2 menit 43 detik
C1: 08:36:03 AM Ketinggian Matahari +28.6º
C2: 09:51:37 AM Ketinggian Matahari +47.4º

Puncak Gerhana: 09:52:58 AM Ketinggian Matahari +47.7º
C3: 09:54:20 AM Ketinggian Matahari +48.0º
C4: 11:20:49 AM Ketinggian Matahari +69.3º


Seperti yang kita sudah ketahui, fase gerhana terbagi atas lima fase utama.
  • Kontak pertama (C1) – Saat di mana piringan Bulan pertama kali 'menggigit' piringan Matahari, menandakan bermulanya gerhana. Fase ini disebut Gerhana Matahari Sebagian (Partial Solar Eclipse).
  • Kontak kedua (C2) – Saat di mana hampir keseluruhan piringan Matahari telah terhalangi oleh piringan Bulan. Matahari akan menghilang dan langit akan menggelap seperti saat senja.
  • Puncak Gerhana – Ini adalah fase paling ditunggu-tunggu para pengamat langit. Fase puncak gerhana akan berlangsung selama maksimal 2 menit.
  • Kontak ketiga (C3) – Saat di mana kita akan kembali melihat silau Matahari, menandakan piringan Bulan sudah mulai bergerak membuka piringan Matahari.
  • Kontak terakhir (C4) – Saat di mana piringan Bulan telah kembali membuka keseluruhan piringan Matahari, menandakan gerhana telah usai.
Kapan Tepatnya Terjadi Gerhana Total?

Gerhana Matahari Total (GMT 2016) ini akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016, mulai sekitar pukul sekitar pukul 10 pagi di Maluku Utara.  Lain wilayah, lain pula waktu mulai gerhananya.

sumber

related search : tipsmelihat gerhana matahari total, cara nonton gerhana matahari total, ternate gerhana matahari total, maluku utara tempat pavorit nonton gerhana mataharui total, turis datang ke maluku

No comments:

Powered by Blogger.