Header Ads

9 Tempat Wisata Di Ternate Yang Mempesona

Ternate merupakan sebuah kota yang letaknya berada di kaki Gunung Gamalama di pulau yang bernama sama dengan kotanya yaitu Pulau Ternate. Kota Ternate tidak begitu luas,namun daerah ini punya pesona tersendiri.


Ada beberapa tempat wisata di Ternate yang bisa dikunjungi baik berupa  wisata alam maupun wisata sejarah.  Berikut ini  tempat wisata di Ternate dapat dikunjungi.

1. Pantai Sulamadaha dan Hol Sulamadaha
Pantai Sulamadaha ini patut menjadi referensi tujuan wisata anda saat datang ke Kota Ternate Maluku Utara, dengan suasana yang eksotik, air yang jernih dan masih tampak alami,  untuk menuju ke lokasi  terbilang mudah  dari pusat kota ternate hanya berjarak 14 km anda bisa naik angkot atau taksi yang ditempuh hanya selama kurang dari 1 jam.

Di pantai sulamadaha terdapat sebuah teluk atau hol dengan airnya yang bening dimana anda bisa langsung melihat koral yang ada di bawahnya. Tidak berlebihan pantai ini dijuluki sebagai Pantai Kaca karena Pantai Sulamadaha merupakan pantai dengan air laut yang sangat jernih , jernih seperti kaca, bahkan saking beningnya terlihat dasar laut dari permukaan air. Pantai ini sangat cocok bagi penyuka olahraga air seperti menyelam dan snorkeling dengan  keindahan karang bawah permukaan air sangat tepat untuk hobi selam dan snorkeling.

2. Batu Angus

Batu Angus merupakan tumpukan sisa lahar letusan Gunung Gamalama yang telah berubah menjadi batu yang tampilannya tampak seperti batu hangus terbakar, letaknya berada pinggir jalan raya Ternate sekitar 10 km dari Kota Ternate. Selain menyajikan lahar yang telah menjadi batu, dari tempat ini wisatawan juga dapat melihat puncak Gunung Gamalama serta birunya laut Ternate.

3. Danau Laguna
Danau Laguna merupakan salah satu danau di Ternate yang terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, karena berada di Desa Ngade maka Danau Laguna ini juga sering disebut sebagai Danau Ngade. Danau Laguna ini sangat mempesona jika dilihat dari ketinggian, wisatawan akan melihat pemandangan danau laguna dengan latar belakang Pulau Maitara dan Pulau Tidore.

4. Danau Tolire
Satu lagi danau di Ternate yang harus anda kunjungi yaitu Danau Tolire yang letaknya berada di kaki Gunung Gamalama. Danau Tolire merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Gamalama, danau ini terdiri dari dua buah yaitu danau tolire besar dan danau tolire kecil, letak keduanya berada tidak jauh hanya sekitar 200 meter. Tempat ini juga cukup populer di Ternate.

5. Benteng Toloko

Benteng Tolucco atau Toloko merupakan benteng peninggalan sejarah yang dibangun Portugis pada 1512 dan di restorasi Belanda pada 1610, lokasinya terletak di Kelurahan Sangaji, Kecamatan Kpta Ternate Utara. Benteng ini merupakan satu dari beberapa benteng yang ada di Ternate dan punya banyak sebutan, selain Tolucco benteng ini juga sering disebut Benteng Holandia atau Santo Lucas.

6. Benteng Kalamata

Benteng Kalamata juga merupakan benteng peninggalan Portugis yang kini menjadi objek wisata sejarah di Ternate, lokasinya terletak di Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan. Benteng ini juga punya banyak nama, selain Benteng Kalamata, Benteng ini juga disebut sebagai Benteng Kayu Merah atau Benteng Santa Lucia. Selain dua benteng tersebut ada lagi benteng yang bisa dikunjungi seperti Benteng Oranje dan Benteng Kastela.

7. Benteng Orange 

Benteng Orange atau Fort Oranje dibangun pada zaman perdagangan rempah, merupakan salah satu dari lima benteng peninggalan kolonial yang ada di Ternate. Berdasarkan informasi papan sejarah yang terpampang di benteng Oranye, benteng ini dibangun pada tahun 1607 oleh Cornelis Matclief de Jonge (Belanda) dan diberi nama oleh Francois Witlentt path tahun 1609.

Benteng yang terletak dikelurahan sangaji kecamatan kota ternate utara ini semula berasal dari bekas sebuah benteng tua yang dibangun oleh Bangsa Portugis dan dihuni oleh orang Melayu sehingga diberi nama benteng Melayu.  Dalam benteng ini pernah menjadi pusat pemerintahan tertinggi Hindia Belanda (Gubernur Jenderal) VOC Pieter Both, Herarld Reyist, Laurenz Reaal dan J.C Coum.

8. Pantai Tobololo
Pantai Tobololo merupakan pantai berpasir putih yang ada di Ternate, lokasinya terletak di Kelurahan Tobololo, Kecamatan Pulau Ternate atau sekitar 20 menit dari pusat kota. Selain menawarkan pantai berpasir putih, di pantai tablolo juga terdapat sumber air panas yang letaknya tidak banyak diketahui wisatawan, saat air laut surut para wiaatawan dapat melihat karang yang mencuat ke permukaan sejauh puluhan meter.

9. Jikomalamo "The Secret Beach"
Jikomalamo menurut informasi diambil dari nama perkampungan di Pulau Hiri  (pulau yang berada tepat di depan teluk ini). Lokasi  teluk jikomalamo tidak terlalu jauh  dengan  teluk Sulamadaha dan masih berada di Pulau Ternate namun karena masih belum ada akses darat menuju teluk  Jikomalamo, maka jika  hendak bepergian ke teluk ini hanya bisa menggunakan speedboat dengan biaya sewa kurang lebih Rp. 250 ribu untuk antar dan jemput.

Searches related to wisata ternate
tempat wisata di tidore
pantai sulamadaha ternate
tempat hiburan malam di ternate
wisata kuliner ternate
pariwisata maluku utara
benteng tolukko
pantai tobololo ternate
oleh-oleh khas ternate

Incoming post :konflik Ternate,Toboko dan Kotabaru seputar kasus toboko kota baru korban

No comments:

Powered by Blogger.