Header Ads

Demam Batu Akik di Indonesia

http://jawarakampung.blogspot.com/2015/03/demam-batu-akik-membumi.html
Demam batu mulia dan cincin akik membooming dari kota hingga desa hampir di seluruh pelosok Nusantara. Di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung Medan, Aceh, Ternate, Banten, Pacitan dan lainnya banyak bermunculan kios penjual cincin batu akik. Bahkan beberapa toko yang sebelumnya hanya menjual barang klontong pun ikut memajang batu cincin akik. Menurut beberapa penghobi akik fenomena "Demam Batu Akik" ini mulai menguat dan mengejala sejak tahun sejak 2013.

Begitu membuminya Demam Batu Mulia dan Akik ini, penggemarnyapun mulai dari kalangan paling atas, artis hingga  kalangan masyarakat bawah pun  menjadi penyuka cincin, termasuk juga yang dulunya kurang hobi atau tidak suka sekarang menjadi suka karena ikut trend Batu Akik saat ini. Tampak terrlihat menjamurnya lapak-lapak, kios, maupun toko yang menjual batu akik di Kota - Kota  di Indonesia, baik dalam bentuk jadi maupun masih dalam bentuk bongkahan.

Jika selama ini, pemakainnya hanya kalangan  dewasa namun belakangan cincin sudah banyak digunakan kalangan muda dan remaja bahkan saat ini cincin dengan batu akik telah menjadi tren dan gaya hidup, sehingga harga batu cincin semakin mahal karena semakin banyaknya peminat dari berbagai kalangan.

Berikut ini jenis batu cincin akik yang  populer di Indonesia  :

1. Batu Bacan
Batu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau Kasiruta Kabupaten Bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

Kedua jenis batu ini memang tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.

2. Batu Opal (Kalimaya)
Opal atau Batu kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut.

Batu opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas layaknya batu akik pada umumnya. Harga batu opal/kalimaya termahal sekita 2.500 dollar/karat.

3. Batu Sungai Dareh
Batu akik sungai dareh termasuk salah satu batu cincin populer dan termahal saat ini. Batu asal Sumatera Selatan itu kini tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor. Popularitas batu itu mulai menanjak,  harga batu sungai dareh berkualitas tentu saja sangat mahal bahkan, namun untuk kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

4. Batu Giok
Di Indonesia batu giok sudah dikenal sejak lama, namun popularitas batu ini tidak pernah luntur, terlebih ditengah semakin tingginya penghobi batu akiik belakangan ini, sehingga membuat harga batu giok makin mahal.

Keindahan Giok dengan khas warna hijau banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya.

5. Batu Kecubung (Amethyst)
Batu kecubung termasuk salah satu dari sekian banyak batu akik yang juga tengah menjadi incaran banyak penghobi. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona.

Tak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan Baca : Khasiat Batu Kecubung

6. Batu Lavender
Dalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu, Jenis batu lavender spritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, sehingga batu ini menjadi buruan banyak kolektor.

Batu ini banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang Kecamatan Lengkiti Oku Sumatera selatan itu menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler baik di Indonesia maupun di pasaran internasional.

Selain tersebut diatas masih banyak jenis batu yang ditemukan di Indonesia seperti  batu giok aceh atau lebih dikenal dengan sebutan Batu Lumut Aceh, Batu Obi, Labrador, Pandan, Pacitan atau jenis lain.

key search :
bacan termahal,obi biru dokok, ciri bacan kristal,tips gosok batu bacan,bacan bongkahan, jual bongkahan, bacan muda, tips kristal bacan

No comments:

Powered by Blogger.