Header Ads

Perbedaan Karat dan Carat

Sering mendengar orang berbicara ketika membeli perhiasan emas dengan berkata sekian Karat dan dilain tempat orang berbicara batu mulia dengan sekian Carat, bagi orang awam yang belum sering berhubungan dengan emas dan batu permata tentu sepintas dikira sama kata - kata " Karat dan Carat" walaupun terdengar sama namun memiliki arti yang berbeda. berikut penjelasan mengenai kata "Karat dan Carat".

Karat
adalah ukuran kemurnian logam. "Karat" terutama digunakan dalam mengukur kemurnian emas yang memiliki skala 1 sampai 24. Dua puluh empat karat adalah bentuk paling murni dari emas. Emas, dalam bentuk murninya merupakan logam yang lembut sehingga perlu ditambahkan paduan logam lain supaya bisa dibuat menjadi perhiasan. Logam paduan yang biasa ditambahkan pada emas antara lain adalah nikel, seng, atau tembaga. Emas 24 karat mengacu pada bentuk termurni dari emas dengan paling sedikit paduan ditambahkan ke dalamnya. Dua belas karat emas mengacu pada komposisi paduan 50:50. Yang paling umum digunakan sebagai perhiasan biasanya adalah emas 18 karat sampai 22 karat. Emas dengan tingkat kemurnian dibawah 10 karat, tidak dianggap sebagai emas. Tingkat karat biasanya tertera pada perhiasan dengan symbol “K” atau “C”.

Carat"Carat" adalah ukuran berat batu mulia dan mutiara, dan terutama digunakan untuk menimbang berlian. 1 Carat sama dengan seperlima gram atau 200 mg. Jadi berlian 5 karat memiliki berat 1 gram. 1 Carat dibagi menjadi 100 poin. Berlian setengah karat juga disebut 50 point. Kata "Carat" berasal dari sejenis kacang yang disebut "carob bean" yang digunakan untuk mengukur batuan berharga. Kacang carob digunakan karena mereka memiliki berat yang konsisten. Pada tahun 1907, Satuan “Carat” mulai digunakan sebagai standar untuk mengukur batu permata dengan simbol "Ct."

No comments:

Powered by Blogger.