Header Ads

Benteng Tolukko, Wisata Sejarah Kota Ternate

Benteng Tolucco  atau banyak orang yang menyebutnya Tolukko merupakan salah satu peninggalan portugis yang ada di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara yang hingga kini masih berdiri. Dari atas  benteng bisa melihat pemandangan laut dengan latar belakang pulau halmahera, tidore dan maitara.
  
Benteng ini berdiri diatas bukit batuan beku terletak pada 620 cm dpl,  letaknya agak menjorok kelaut, jika memperhatikan model dan denah yang ada kemungkinan benteng ini dibangun disesuaikan dengan kondisi bentuk bukit yang ada. Keunikan dari benteng  ini cendrung memiliki 2 bastion di depan dan 1 dibelakang dan ini menjadi ciri khas Benteng Portugis.


Benteng Hollandia sebutan lain dari benteng ini merupakan  salah satu tempat kunjungan wisata sejarah yang ada di Pulau Ternate, dibangun oleh Bangsa Portugis 1540 yang saat itu menduduki Ternate dan juga sebagai pertahanannya dalam menguasai perdagangan dan keberadaan cengkeh dan rempah - rempah di pulau ini. Meski dibangun oleh Portugis, sempat  diambil alih oleh Belanda pada 1610. Saat itu, Belanda sudah menjadi bangsa yang mendominasi wilayah Maluku, termasuk Ternate.
Tahun 1996 pernah dipugar kembali sampai saat ini benteng masih terlihat kokoh dan terawat meski sudah berusia ratusan tahun.

No comments:

Powered by Blogger.