Header Ads

Pesona Akik Bacan Maluku Utara

Batu Bacan ini banyak terdapat di Pulau Bacan, jika anda berpergian ke Pulau Bacan jangan lupa untuk melihat bahkan membeli  oleh-oleh batu yang berwarna hijau yang unik dan mempesona ini, Selain di Pulau Bacan dibeberapa tempat lain seperti di kota Ternate  banyak juga ditemui penjual dan pengrajin  Batu Bacan.
Warna hijau pada batu bacan ini berbeda - beda warna, menjadikan batu ini   tampak  seolah-olah hidup atau bermetamorfosis berubah warna dari hijau dengan bercak hitam ke hijau yang terang jelas dan bersih sehingga dari warna batu dapat diketahui batu bacan ini telah jadi atau belum. Batu bacan yang telah jadi biasanya berwarna hijau tua dan bersih. Dan harga batu hijau bacan yang sudah jadi  mempunyai nilai jual atau harganya cukup mahal dari yang jutaan bahkan sampai ratusan juta.
Batu Bacan, menurut skala moise mempunyai kekerasan antara 7 – 8 skala moise (sebagai perbandingan, Berlian mempunyai tingkat kekerasan 10 pada skala Mouise). Semakin keras batu, semakin mahal harganya, ini disebabkan karena untuk membentuk batu (memoles), dibutuhkan kekerasan yang maksimal untuk dapat memperoleh bentuk yang diinginkan, sehingga tidak mudah pecah pada saat proses pemolesan.
Cerita tentang asal muasal batu bacan sesungguhnya batu Bacan ini bukanlah berasal dari pulau Bacan melainkan pulau Kasiruta. Pulau Kasiruta yang terletak di sebelah barat Bacan Kabupaten Maluku Utara merupakan tempat asal muasal diketemukan dan ditambang batu Bacan ini. Kenapa diberi nama batu Bacan bukan batu Kasiruta, karena kesultanan Bacan yang merupakan salah satu dari Kie Raha Maluku pertama kali dibangun di pulau ini sebelum dipindahkan ke pulau Bacan. Makanya batu ini sejak dahulu lebih dikenal dengan nama batu Bacan. (dari berbagai sumber)



Incoming post : Batu Obi Merah, Bacan Kuning, Bacan Kembang,konflik ternate,Toboko,Kotabaru,korban

No comments:

Powered by Blogger.