Header Ads

Tren Selfie, Apa sih Selfie itu?

Pernah dengar kata - kata "Selfie"? Selfie adalah gaya foto diri yang dilakukan sendiri, memfoto diri sendiri dengan menggunakan kamera handphone (HP), kamera saku, webcam maupun gadget lain dengan fitur kamera, kemudian hasilnya  biasanya diunggah ke Jejaring Sosial.

Pengertian yang terdapat dalm Wikipedia bahasa Indonesia disebutkan, selfie (foto narsisis) adalah jenis foto potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera digital atau kamera telepon (HP). Foto narsis sering dikaitkan dengan narsisisme, terutama dalam jejaring sosial.
Di  negara Korea sendiri  istilah yang digunakan adalah selca (singkatan untuk self camera).
Pose yang digunakan umumnya bersifat kasual, dan diambil dengan menggunakan kamera yang diarahkan ke diri sendiri, atau bisa juga melalui cermin. Objek foto ini biasanya hanya si fotografer atau beberapa orang yang bisa dijangkau oleh fokus kamera. Foto narsisis yang melibatkan beberapa orang disebut dengan "foto narsisis kelompok".

Tren selfie tidak hanya baru-baru ini terjadi. Cuman, gaya atau posenya aja yang lebih dieksplorasi. Sebelumnya, pada tahun 1900 foto diri sendiri sudah dilakukan sejak munculnya kamera boks Kodak Brownie. Metode ini biasanya dilakukan melalui cermin. Putri Kekaisaran Rusia, Anastasia Nikolaevna, adalah salah satu remaja yang diketahui pertama kali mengambil fotonya sendiri melalui cermin untuk dikirim kepada temannya pada tahun 1914. Dalam surat yang dikirim bersama foto itu, ia menulis: "Saya mengambil foto ini menggunakan cermin. Sangat susah dan tangan saya gemetar".

Mengutip dari AntaraNews ""Selfie" juga "melahirkan" istilah turunan seperti "helfie" (orang yang memfoto rambut sendiri), "belfie" (orang yang memfoto bagian belakang diri sendiri), serta "drelfie" (orang yang memfoto diri sendiri saat mabuk)".

Nah, itulah tadi sedikit tambahan wawasan tentang Selfie yang bisa admin bagikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya (infoberita2014 blog)

No comments:

Powered by Blogger.