Header Ads

Makanan Jalanan Lezat yang ada Di berbagai Negara

Makanan lezat yang ada didunia banyak ragamnya yg tersebar di berbagai restoran, kedai, hingga di warung tenda yg biasa disebut "kaki lima" di Indonesia. Kebanyakan dari masyarakat biasanya menaruh perhatian khusus terhadap makanan jalanan karena jenis ini biasanya praktis, merakyat, dan tentu terjangkau di kantong dibandingkan dengan makanan di restoran. Berikut ini 20 makanan jalanan terenak yang berada diberbagai belahan dunia.

JERK CHICKEN, JAMAIKA
Kerahasiaan resepnya dijaga ketat, tetapi biasanya dimulai dengan melumuri ayam yang dagingnya masih menempel pada tulang dengan berbagai rempah, daun thyme, scotch bonnet (sejenis cabai asal Karibia), jahe dan daun bawang. Daging 'diinapkan' semalam agar bumbunya meresap ke dalam daging, sebelum dipanggang di atas kayu cengkeh.
CHILLI CRAB, SINGAPURA
Hidangan klasik Singapura, chilli crab disajikan di berbagai pusat jajanan di seluruh kota di negara kecil ini. Resepnya ditemukan oleh Cher Yam Tian, yang mulai menjual aneka masakan berbahan dasar kepiting, dengan rasa pedas, di jalanan pada 1950. Kepiting disajikan utuh, digoreng dan diaduk bersama saus tomat, telur dan (tentu saja) cabai.


AREPAS, KOLOMBIA
Kue jagung berbentuk bulat ini adalah comida rápida --fastfood-- di seluruh Kolombia, di mana terdapat berbagai spesialisasi kedaerahan di seluruh negeri. Arepas jauh lebih tebal daripada tortilla dan biasanya akan dipanggang atau dibakar sebelum diisi atau dibubuhi dengan keju di permukaannya. Di Bogotá, arepas adalah menu sarapan yang sangat populer.

HALO-HALO, FILIPINA
Secangkir halo-halo berwarna-warni adalah cara sempurna untuk mendinginkan kerongkongan di hari-hari musim panas Filipina. Terjemahan langsung adalah "mix-mix", adalah sundae dengan tampilan dan rasa yang menarik, seperti ramuan kacang merah, kelapa, sirup dan buah, biasanya dilumuri es krim, susu dan serutan batu es.


BUNNY CHOW, AFRIKA SELATAN
Meski bernama Bunny Chow, snack asal Afrika Selatan ini bebas daging kelinci. Intinya adalah roti berongga yang diisi dengan varian kari kental. Bunny chow berasal dari India, tetapi kini menjadi makanan jalanan paling terkenal di Durban, dengan isian mulai dari ayam hingga daging kambing dengan rasa pedas.

PIEROGI, POLANDIA
Berbagai versi pierogi dapat ditemui di seantero Eropa Timur, namun Krakow adalah satu-satunya kota yang punya acara festival pangsit buatan tangan ini. Pierogi terbuat dari adonan tepung yang sederhana, telur, air dan garam, yang dibentuk seperti pastel ala Indonesia, dan diisi dengan daging, kentang atau keju. Pierogi direbus terlebih dahulu, sebelum digoreng dengan mentega.

PULLED PORK, AMERIKA SERIKA
TBBQ adalah hal serius di bagian selatan Amerika Serikat, dan North Carolina adalah tempat yang terkenal dengan daging manis asap pulled pork, disiram saus BBQ dan diselipkan ke dalam sandwich.

BANH MI, VIETNAM
Banh mi adalah warisan pemerintahan kolonial Perancis di Vietnam. Bahan utamanya adalah baguette ala Vietnam yang lebih tipis dan renyah (terbuat dari tepung beras dan gandum), yang biasanya diisi dengan campuran ketumbar, acar wortel, lobak dan daging, mulai dari ayam sampai babi.

BOBA TEA, TAIWAN
 Bubble, pearl atau boba tea berasal dari Taichung pada 1980-an. Rasanya adalah campuran antara teh susu, kerap dipermanis dengan susu kental, dan kreasi buah seperti mangga atau markisa. Bubble-nya adalah bola-bola kenyal kecil berbahan tapioka yang dapat dinikmati dengan sedotan besar. Mulanya terasa agak aneh, tapi bikin ketagihan.

POUTINE, KANADA
Adalah potongan kentang goreng disiram dengan keju dadih (keju yang diasamkan) dan saus. Poutine ditemukan di seluruh Kanada, tapi yang terbaik ada di Québec, yang dijajakan di restoran-restoran dan kedai pinggir jalan di seantero kota.

SIMIT BREAD, TURKI
Ini bukan tentang kebab Turki. Simit yang lezat dijual di gerobak jalanan di seluruh negeri, dan banyak disantap untuk sarapan di mana saja. Dipanggang dalam cetakan berbentuk cincin besar dan dibalut biji wijen. Lebih ringan dari bagel, teman yang pas untuk menikmati secangkir teh Turki.


XIAO LONG BAO, CHINA
Keranjang bambu menjadi wadah bagi sup pangsit tradisional dari China Utara ini. Mudah ditemukan di jalan-jalan dan restoran di Shanghai. Dibutuhkan keterampilan untuk memakannya tanpa merasa kepanasan: pegang bakpao-nya di tangan kanan, dan seruput kaldu mendidih dalam mangkuk kecil di tangan kiri sedikit demi sedikit.


GELATO, ITALIA
Tidak ada yang lebih nikmat dari gelato krim dalam cone, untuk menemani jalan-jalan malam di Italia. Italia mengolah es krim mereka dengan serius, dan perbedaan gelato dengan es krim pada umumnya, adalah rendah lemak dengan tekstur sedikit lebih lembut. Rasa yang khas adalah pistachio (gelato berwarna hijau dengan serpihan pistachio, sejenis kacang yang banyak terdapat di Timur Tengah) dan stracciatella (gelato dengan choco chip, khas Bergamo).


TOSTADAS, MEKSIKO
Tidak seperti tacos dengan tortilla yang lembut, tostadas secara tradisional dibentuk lebih pipih dan kecil, lalu digoreng garing. Topping-nya beragam, mulai dari keju, refried beans (olahan kacang, tradisi Meksiko), guacamole (saus alpukat, tradisi sejak era Azteca), salsa (sejenis saus, banyak terdapat di Spanyol, Italia dan Amerika Latin), sampai olahan laut seperti shrimp ceviche (resep Spanyol: udang dimasak dengan bawang merah cincang, cabai, ketumbar, mentimun, alpukat plus lemon).


BAKSO, INDONESIA
Tidak perlu dijelaskan lagi. Bakso adalah salah satu makanan rakyat yang paling digemari di Indonesia, mudah ditemui di mana saja. Mulai dari restoran mahal, kedai kecil, gerobak di pinggir jalan, sampai roda dorong yang lewat di depan rumah kita. Dan ternyata dunia pun mengakui kelezatannya.


GIMBAP, KOREA SELATAN
 Seperti sebuah maki sushi dengan ukuran terlalu besar. Gimbap memang sering disebut sebagai "Korean sushi". Umumnya berbahan kepiting, telur, daging sapi dan wortel, yang digulung dalam nasi dan selembar rumput laut yang dikenal dengan gim. Cocok untuk makan siang di Seoul, karena Gimbap dijual di banyak toko dan kios makanan di seantero kota.


BHEL PURI, INDIA
 India memiliki berbagai varian makanan ringan jalanan (chaat) di seluruh negeri, dari aloo tiki (camilan berbahan kentang rebus dan bermacam rempah) di utara sampai vada (snack gurih, biasanya terbuat dari kentang dan tepung kacang khas India) di selatan. Mumbai adalah tempat untuk mencicipi bhel puri, yang terdiri dari segumpal nasi, mie sohun goreng dan sayuran diguyur saus asam. Juga tersedia pilihan tambahan kacang dan biji delima.

TA'AMIYA, MESIR
Penganan falafel (kacang Arab yang digiling, kemudian dipadatkan dan dibuat bola-bola kecil, lalu digoreng) dapat ditemukan di seluruh Timur Tengah. Di Mesir, falafel dibuat dari kacang fava (sejenis buncis) dan dikenal dengan sebutan ta'amiya. Disajikan dalam pita bread (roti berbentuk agak pipih), plus acar sayuran, salad dan saus tahini (saus berbahan pasta wijen, lemon, bawang putih, air dan garam).


CHURROS, SPANYOL
Cara sederhana untuk menyantapnya, adalah dicelupkan ke dalam gula kayu manis cair atau cokelat panas kental. Churros adalah adonan manis dibentuk memanjang dan digoreng hingga renyah. Sangat populer sebagai camilan end-of-night di Madrid, di mana Chocolateria San Gines yang terkenal itu buka 24 jam.


CEVICHE, PERU
Ceviche dipandang banyak orang sebagai hidangan nasional Peru, dan popularitasnya juga berkembang di seluruh dunia. Bahan utamanya adalah ikan mentah segar, yang dibaluri air jeruk nipis, garam dan cabai. Cobalah sea bass ceviche dengan jagung dan ubi manis, yang ditutup dengan dengan pisco (cocktail ala Amerika Selatan) sebagai pencuci mulut.

Sumber : www.roughguides.com

1 comment:

  1. Jika sedang mencari Packaging Makanan yang cocok untuk usaha Anda, pake aja Greenpack. Gratis biaya cetak. Kemasan akan dicetak dengan desain Anda tanpa dikenakan biaya tambahan lagi.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.