Header Ads

Profil Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya

Ir. Tri Rismaharini, M.T  merupakan Wali Kota Surabaya wanita pertama yang menjabat untuk periode 2010-2015. Sebelum menjabat sebagai wali kota, ia menduduki posisi sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).
 
Alumnus Arsitektur ITS ini Lahir di Kediri, Jawa Timur, 20 Oktober 1961; umur 51 tahun adalah Wali Kota Surabaya yang menjabat sejak 28 September 2010 menggantikan Bambang Dwi Hartono yang kemudian menjabat sebagai wakilnya hingga resmi mengundurkan diri pada 14 Juni 2013. Mereka diusung oleh partai PDI-P dan memenangi pilkada dan  dilantik pada tanggal 28 September 2010.

Ia terkenal sebagai sosok wanita yang tegas dan tak kenal kompromi dalam menjalankan tugasnya. Pernah menjadi salah satu nominasi wali kota terbaik di dunia, 2012 World Mayor Prize, yang digelar oleh The City Mayors Foundation. Ia terpilih karena segudang prestasi yang sudah ia torehkan selama menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Ia dinilai berhasil menata kota Surabaya menjadi kota yang bersih dan penuh taman. Salah satu buktinya adalah pemugaran Taman Bungkul di tengah kota. Dulunya, taman tersebut tidak layak disebut taman, namun kini Taman Bungkul menjadi taman terbesar dan terkenal di kota Surabaya. Selain itu, ia juga telah berperan besar dalam membangun pedestrian bagi pejalan kaki dengan konsep modern di sepanjang jalan Basuki Rahmat yang kemudian dilanjutkan hingga jalan Tunjungan, Blauran, dan Panglima Sudirman. Di bawah kepemimpinannya pula, ia sukses mengantarkan Surabaya memperoleh penghargaan Adipura di tahun 2011. Risma menjadi kandidat wali kota terbaik dunia asal Indonesia bersama dua orang lainnya, yaitu Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Wali Kota Solo Joko Widodo.

Berikut ini Profil lengkapnya :

Nama Lengkap : Tri Rismaharini
Alias : Risma
Profesi : -
Agama : Islam
Tempat Lahir : Kediri
Tanggal Lahir : Senin, 20 November 1961
Zodiac : Scorpion
Warga Negara : Indonesia

PENDIDIKAN

    SMP Negeri X Surabaya (1976)
    SMU Negeri V Surabaya (1980)
    S-1 Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) (1987)
    S-2 Manajemen Pembangunan Kota Surabaya ITS (2002)

KARIR

    Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya (1997-2000)
    Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Disbang (2001)
    Kepala Cabang Dinas Pertamanan (2001)
    Kepala Bagian Bina Bangunan (2002)
    Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan (2005)
    Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (2010)
    Wali Kota Surabaya (2010-2015)


No comments:

Powered by Blogger.