Header Ads

Lihat Kesehatan Anda dari Kaki



Secara standar medis untuk memeriksa awal kesehatan anda di rumah sakit atau dokter yaitu  seorang dokter maupun perawat akan  melihat tekanan darah, suhu tubuh dan detak jantung. Sebenarnya, kondisi kesehatan seseorang bisa diketahui dengan cara yang lebih sederhana yaitu dengan memperhatikan kaki karena beberapa perubahan pada kaki, seperti kuku yang menguning atau kulit yang mengelupas, bisa jadi merupakan tanda awal masalah kesehatan.

Mengutip halaman Prevention, inidia beberapa kondisi kaki yang bisa jadi merupakan cerminan  kesehatan seperti :

Sering kram

Kaki tiba-tiba kram saat olahraga, bisa jadi pertanda dehidrasi. Untuk itu, pastikan minum cukup air selama berolahraga. Tidak hanya itu, kram pada kaki juga jadi pertanda kekurangan gizi. Jadi perbanyak  konsumsi asupan tinggi kalium, magnesium, dan kalsium.

Luka tak kunjung sembuh
Itu bisa jadi tanda diabetes atau kanker kulit. Kadar glukosa dalam darah yang tak terkontrol bisa mengakibatkan kerusakan di saraf kaki. Ujungnya, luka tak terasa sakit. Atau, bisa juga itu merupakan tanda kanker kulit. Melanoma atau kanker kulit bisa muncul di manapun, termasuk celah jari kaki.

Kaki terasa dingin
Penyebab umum yaitu Hipotiroid, kaki yang tidak pernah merasa hangat. Hipotiroid juga ditandai dengan rambut rontok, kelelahan, berat badan tidak stabil, dan depresi. Kunjungi dokter dan lakukan tes darah untuk mengatasinya.

Jempol kaki tiba-tiba membesar
Tiba-tiba jempol kakai merah, bengkak, serta terasa panas dan nyeri, ini anda memerlukan pertolongan medis segera. Karena, bisa jadi itu tanda arthritis, penyakit gout, peradangan, inflamasi, dan trauma.

Kaki kebas
Mati rasa di kedua kaki dikenal sebagai neuropati perifer. Umumnya, disebabkan diabetes, kecanduan alkohol, atau efek samping kemoterapi. Jika mati rasa hanya di satu kaki, kemungkinan karena ada saraf terjepit di pergelangan kaki atau punggung. Itu akibat terlalu lama memakai sepatu sempit.

Nyeri tumit
Nyeri hebat di bagian bawah tumit saat berdiri atau bangun dari tempat tidur, bisa disebabkan terlalu sering memakai sepatu sempit, sandal jepit, atau sepatu yang sudah tidak layak. Untuk menyembuhkannya, ganti sepatu dengan yang lebih nyaman, minta obat dari dokter, atau lakukan peregangan.

Bulu kaki rontok
Jika bulu jari kaki mengalami kebotakan tiba-tiba, bisa jadi kaki tidak mendapat aliran darah yang cukup. Sehingga, pertumbuhan rambut pun terhambat. Periksa kondisi lebih lanjut, seperti denyut nadi di kaki. Kondisi itu juga dapat mengindikasikan masalah fungsi hati, karena tidak memompa darah dengan baik.

Kulit kaki gatal dan mengelupas
Bisa dipastikan itu akibat infeksi jamur. Itu bisa diobati dengan krim anti-jamur. Tapi jika kulit kaki tetap mengelupas, bisa jadi adanya psoriasis, yaitu penyakit kulit yang ditandai dengan sisik berlapis berwarna keperakan. Penyakit itu biasanya diikuti rasa gatal atau perih.

Kuku kuning

Kuku yang menguning bisa terjadi secara alami seiring bertambahnya usia, atau karena penggunaan kuteks yang terlalu lama. Jika kuku juga mengalami kerapuhan dan mengelupas, kemungkinan besar ada infeksi jamur di kaki.

No comments:

Powered by Blogger.