Header Ads

Apa sih SPAM itu?



SPAM merupakan sebutan untuk kiriman email yang tidak dikehendaki penerimanya. Biasanya pengirim mendapatkan alamat email penerima dengan berbagai cara dan biasanya caranya tidak wajar. Aktifitas spamming merugikan dan menggangu penerima karena menyebabkan inbox cepat penuh, sehingga menyebabkan email lain yang mestinya masuk tidak bisa masuk.

Junk Mail sebutan lain dari SPAM  adalah penyalahgunaan oleh pengirim biasanya bermaksud untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para penerima dan pengguna terutama saat ini pada jejaring sosial yang lagi marak.
 
Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya, contohnya seperti  pos-el berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita yang masuk dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, ataupun bisa berupa berita yang tak berguna dan masuk dalam suatu blog, buku tamu situs web, dan lain-lain.

Untuk menghindari SPAM diperlukan kehati-hatian dalam melakukan segala aktifitas di dunia internet itu sendiri. Dan berikut ini beberapa tips sederhana menghindari SPAM

Tips Aman Menghindari SPAM

  • Hindari masuk kedalam situs - situs yang tidak jelas, apalagi jika disuruh daftar dengan menggunakan email anda, kalaupun terpaksa bila perlu buat email  yang lain. Sebab situs tidak jelas biasanya menyebarkan  email kamu ke banyak situs lain, setelah itu  situs lain tersebut mengirimkan  email yang tidak jelas/iklan/undangan untuk join/ katalog belanja, dan lainnya ke email kamu. 
  • Apabila anda pengguna banyak jejaring sosial, sebaiknya info tentang anda terutama nama email di privasi / ditutup untuk anda sendiri.
  • Jangan pernah keseringan Login dan Logout pada suatu program penghasil uang yang Anda ikuti dalam waktu tempo yang singkat, sebab hal itu dapat dicurigai sebagai aktifitas yang tidak seperti biasanya dan akun Anda bisa di black list karenanya.
  • Biasakan   untuk selalu membaca setiap Kebijakan Privasi (Privacy Policy) dan Ketentuan Penggunaan (Term and Condition) pada setiap situs web yang Anda datangi.
  • Apabila email anda sudah diserang SPAM secara bertubi ,  maka aktifkan tanda untuk email yang dianggap spam, biasanya tinggal dicentang  "mark as spam".
Mungkin itu lah sedikit tips sederhana agar kamu terhindar  dari SPAM.

No comments:

Powered by Blogger.