Header Ads

6 Rahasia unik tentang Air Mata

Bisa dipastikan hampir semua orang pernah menangis, bahkan saat pertama kali dilahirkan kedunia hampir rata - rata bayi menangis. Mungkin kebanyakan pengetahuan orang bahwa, fungsi air mata hanya untuk membuat mata tak kering. Namun, tahukah Anda ada 6 Rahasia air mata yang menarik yang mungkin belum Anda ketahui seperti :

1. Jenis air mata itu ada beberapa seperti :

Ternyata ada 3 jenis air mata yang keluar dari mata Anda,  Pertama, ada yang namanya air mata basal. Air mata jenis pertama ini mempunyai tugas membasahi dan menjaga kesehatan serta kelembaban mata. Jenis air mata yang kedua air mata refleks. Seperti namanya, air mata ini akan tiba-tiba mengalir saat mata Anda terkena angin, asap, bawang merah, atau debu. Nah yang ketiga ini yang paling familiar. Air mata jenis ketiga ini adalah air mata yang keluar karena emosi Anda.

2. Saat menangis air mata keluar, mengapa ?

Lalu bagaimana dengan bayi yang menangis? Ya, hingga kini masih belum ada yang tahu mengapa manusia bisa menangis. Peneliti masih belum bisa memastikan apa yang membuat kita meneteskan air mata. Sebuah penelitian mengatakan, saat ada tekanan dalam diri seseorang, maka bisa jadi orang tersebut menangis dan mengeluarkan air mata.

3. Kandungan zat pada air mata sama dengan air liur

Ternyata walaupun kandungan air mata  sama dengan air liur. Air mata dan air liur sama-sama mengandung protein, garam, dan hormon. Uniknya, rasa dan bau air mata dan air liur ini berbeda.

4. Pasti Tau kan, Wanita lebih sering menangis dibanding pria

Wanita menangis lima kali lebih banyak dibanding pria. Rata-rata lama wanita menangis bisa mencapai 6 menit, namun pria menangis hanya selama 2-4 menit. Kelenjar air mata wanita juga lebih besar dari pada pria. Namun, pada bagian untuk menampung air mata, milik pria lebih besar dibanding wanita. Jadi, saat menangis, para wanita akan lebih dulu meneteskan air mata yang mengalir ke pipi ketimbang pria.

5. Mengapa ingus ikut keluar saat menangis?

Tahukah Anda, sebenarnya yang keluar dari hidung saat menangis itu bukan ingus, namun air mata yang keluar melalui hidung. Saat menangis, kelenjar air mata mengeluarkan air mata secara berlebihan. Nah, sebagian air mata ini bisa keluar melalui hidung.  Dan biasanya Anda juga merasa pusing setelah usai menangis, ini Bisa jadi ini disebabkan karena ada 'dehidrasi' di kepala. Dehidrasi ini disebabkan karena banyaknya cairan yang dikeluarkan.

6. Mengapa setelah menangis, Anda bisa lega?

Saat merasa stres dan Anda menangis, air mata yang Anda keluarkan mengandung hormon stres. Makanya, dengan adanya stres yang terbuang melalui air mata, Anda akan merasa sedikit lega setelah menangis.
 (dikutip telah di edit dari HuffingtonPost):

No comments:

Powered by Blogger.