Header Ads

4 Hal Penyebab Tubuh Terasa Lelah

Dalam aktivitas keseharian, bisa jadi kamu terindikasi oleh hal yang bernama kelelahan yang biasanya terjadi disebabkan energi yang kita miliki terkuras oleh berbagai aktifitas yang kita jalani. Diantara sekian banyak faktor penyebab kelelahan yang sering terabaikan hingga menyebabkan kamu begitu lelah dan menguras energi bagi kita. Berikut yang biasanya Penyebab Tubuh Merasa Lelah tersebut:

1. Kurang Tidur
Hal yang paling sering kita abaikan, termasuk saya. Kekurangan waktu tidur merupakan hal yang paling sering terjadi. Sejatinya ketika kita kekurangan waktu tidur 2 jam atau lebih dalam beberapa hari akan membuat anda merasa lelah serta mengurangi daya konsentrasi, mengalami sulitnya mengambil keputusan dan menurunnya daya ingat.
Idealnya bagi setiap orang jumlah waktu tidur malam yang baik adalah selama 7-8 jam dalam sehari. Apakah waktu tidur kamu kurang dari itu atau malah lebih?

2. Makan Berlebihan
Perut yang kenyang karena makan akan membuat aliran darah yang tadinya ke otot menjadi ke perut untuk membantu proses pencernaan. Hal ini biasanya menjadikan kita merasa letih.
Mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar juga akan meningkatkan gula dalam darah yang akan mengganggu sistem tubuh.
Makan dengan porsi kecil dengan rutin 3-4 jam sekali akan membuat kadar gula dalam darah kita menjadi stabil. Serta membuat energi kita tetap terjaga.

3. Mengkonsumsi Kafein Berlebihan
Kafein bisa mengganggu fase REM, fase dimana kita merasakan nyenyak dalam tidur yang berguna dalam memulihkan diri setelah beraktifitas seharian. Hal terbaik adalah menghindari meminum kopi/kafein 4-6 jam sebelum waktu tidur.
Hal lainnya yang disebabkan kafein adalah, anda bisa menjadi pening. Karena kafein dapat membuat lelah kelenjar adrenal kamu. Ini terjadi ketika kita mengkonsumsi kafein/kopi dengan jumlah lebih dari 45 gram setiap hari.

4. Mengkonsumsi Alkohol
 Sama halnya dengan kafein alkohol juga dapat menganggu fase REM kita, selain itu metabolisme alkohol dapat menurunkan kadar vitamin B yang berguna untuk memberikan kita energi.
Jika anda muslim, maka anda sudah pasti akan menjauhi minuman ini. Dan tidak akan mengalami kelelahan diakibatkan hal yang satu ini.

Itulah beberapa hal yang terkadang suka kita abaikan dalam keseharian kita yang sejatinya membuat kita menjadi kelelahan. Yuk kita mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

No comments:

Powered by Blogger.