Header Ads

Pulau Serangan juga Turtle Island


Pulau Serangan terletak di Provinsi Bali dahulunya pulau ini terpisah dengan Pulau Bali, tetapi sekarang sudah ada jalan penghubung yang menuju Pulau Serangan sehingga anda bisa membawa kendaraan pribadi untuk sampai di Pulau Serangan. Untuk menuju lokasi pulau kecil ini jika Anda dari arah kuta melalui jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai ke arah Pantai Sanur.  Sekitar 10 menit melewati kawasan simpang siur  akan ada petunjuk untuk masuk ke arah  Pulau Serangan.

Yang mesti anda kunjungi ketika sampai di Pulau Serangan ini yaitu tempat penangkaran Penyu,  yang merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah, dipenangkaran ini anda akan melihat banyak penyu dewasa maupun telur penyu.

Pulau Serangan ini dahulunya menurut cerita penduduk setempat juga sebagai tempat mendaratnya penyu untuk bertelur secara alami. Mungkin dengan seringnya penyu bertelur secara alami dan adanya penangkaran penyu ini maka Pulau Serangan disebut sebagai Turtle Island atau pulau penyu.

Tempat penangkaran penyu ini biasanya sudah di buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 WITA setiap untuk umum. Selain  itu dikawasan ini memiliki pantai yang indah dan banyak juga tampak orang melakukan aktivitas memancing di beberapa kawaasan pantai di seputaran pulau serangan.

Komoditi lain yang dihasilkan di Pulau Serangan adalah rumput laut, sebagaimana diketahui rumput laut dipergunakan sebagai bahan campuran kosmetik dan bisa juga sebagai bahan makanan. Yang uniknya di daerah ini rumput laut dijadikan makanan khas bali yang jarang dijumpai di tempat lain, makanan dari rumput laut ini  disebut rujak rumput laut atau rujak bulung. (foto.mba.ira- kabar aan)

1 comment:

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Pariwisata

    ReplyDelete

Powered by Blogger.