Header Ads

Pelabuhan Sangsit Kecamatan Sawan Buleleng

Pelabuhan ini terletak di Desa Sangsit Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, dari pusat kota Singaraja kurang lebih 5 km arah timur melalui jalan raya Singaraja - Amlapura. Untuk sampai di pelabuhan ini anda masuk dari pertigaan depan pasar tradisional sangsit ke arah utara menuju pantai. Di jalan masuk sebelum mencapai pelabuhan anda akan melihat bangunan Pura yang bernama Pura Beji disebelah kiri jalan.

Pelabuhan Sangsit ini pernah menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal Belanda pada masa kolonial, ini masih terlihat dari sisa - sisa bangunan jaman belanda yang masih ada di sekitar pelabuhan. Saat ini  pelabuhan Sangit digunakan sebagai  tempat bongkar muat ikan yangdibawa dari pulau sepeken dan sekitarnya. Bahkan saat ini Pelabuhan Sangsit telah dikembangkan dengan dibangunnya Pusat Pendaratan Ikan (PPI) dengan fasilitas yang tersedia cukup lengkap.. 

Di sekitar kawasan Pelabuhan sangsit terdapat perkampungan yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya dari melaut, juga terdapat beberapa warung penjual makanan, dari pelabuhan ke arah timur anda akan menjumpai warung ikan bakar desa sangsit yang mulai dikenal di Kota Singaraja.

No comments:

Powered by Blogger.