Header Ads

Kalong memiliki penciuman tajam

Saat senja telah turun hewan malampun mulai keluar salah satunya Kalong yang biasanya tampak mulai berterbangan  di langit senja berwarna merah. Kalong termasuk bangsa kelelawar (Chiroptera) yang tergolong keluarga  Pteropus familia Pteropodidae, merupakan satu-satunya familia anggota subordo Megachiroptera
 
Terkadang beberapa orang menyebut kalong sebagai kelewar besar dalam percakapan sehari - hari, hal ini tidak sepenuhnya tepat karena tidak semua kelelawar adalah kalong. Kalong dengan  mata yang besar dapat melihat dengan baik dalam keadaan malam atau kondisi  kurang cahaya namun sebanarnya indra yang dominan untuk menentukan arah adalah daya penciumannya yang tajam berbeda dengan kelewar yang mengandalkan pendengarannya. 
Dalam mencari makanannya kalong terbang dengan jarak yang cukup jauh bahkan sampai sejauh 40 mil dari sarangnya dan mereka biasanya hanya memakan buah- buahan, terkadang bunga.

Kalong juga tinggal di dalam gua berstalaktif, saat ini kalong dan merupakan binatang yang dilindungi karena banyak jenis kalong yang terancam kepunahan,  karena banyaknya perburuan yang berlebihan untuk dikonsumsi manusia. Predator kalong di alam bebas adalah burung-burung pemangsa, ular, dan mamalia karnivora lainnya.

No comments:

Powered by Blogger.