Header Ads

Inilah 11 Kereta Keraton Yogyakarta


Pada zaman sebelum ada mobil seperti sekarang ini, masyarakat menggunakan kereta kuda sebagai  alat transportasi, dizamannya kereta kuda termasuk alat transportasi yang penting dan biasanya dipakai   keluarga kerajaan termasuk  di Keraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta memiliki berbagai jenis kereta kuda mulai dari kereta yang khusus dipakai dalam acara resmi sampai kereta yang digunakan untuk bersantai dalam acara non formal.   Seperti apa sih jenis Kereta Keraton Yogyakarta, berikut dibawah ini beberapa Kereta yang ada di Keraton Yogyakarta.


1. Kereta Kanjeng Nyai Jimat
Dibuat sekitar tahun 1740 -1750,  nama kereta tersebut diatas berarti  "Putri Jimat yang sangat terhormat" biasa digunakan pada upacara Sri Sultan Hamengku Buwono  I sampai dengan Sri Sultan Hamengku Buwono  III, kereta ini  dibuat di Holland dan merupakan hadiah dari Gubernur Jenderal Jacob Mossel.


2.  Kereta Kyai Manik Retno
Dibuat sekitar tahun 1815, arti nama kereta ini berarti "Permata Hati" digunakan sejak  Sri Sultan Hamengku Buwono  IV sampai Sri Sultan Hamengku Buwono   V biasa digunakan untuk keperluan pesiar dan berkeliling diatas benteng kraton.



3. Kereta Kyai Winaputro
Dibuat sekitar tahun 1850 - 1860, biasa dipakai sebagai kereta resmi yang pertama hingga adanya Kereta Garudayaksa pada tahun 1969 dan diperuntukan khusus bagi sang putra mahkota (pangeran calon pengganti raja).


4. Kereta Kyai Jong Wiyat
Dibuat sekitar tahun 1880, artinya "Perahu Terbang" biasa digunakan untuk memimpin gladi bersih prajurit kraton dalam acara gladi bersih grebeg oleh  Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan juga dipergunakan saat pernikahan putri pertama Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Pembayun (28 Mei 2012) lalu sebagai kereta yang membawa mempelai.




5. Kereta Laundawer 
Dibuat sekitar tahun 1890 - 1900, kereta ini memiliki sistem suspensi peer yang double (rangkap 2), kereta ini  biasa dipergunakan bagi putra / putri Sri Sultan Hamengku Buwono



6. Kereta Kyai Jatayu

Dibuat di Yogyakarta sekitar tahun 1900- 1911,  kereta ini merupakan sejenis dengan kereta jenis Laundawer, nama Jatayu sendiri diambil dari seekor burung jenis garuda dalam kisah Ramayana.
Kereta ini biasa dipakai Sri Sultan Hamengku Buwono VIII untuk menyaksikan pacuan kuda di balapan (Jl Urip Sumoharjo)


7.  Kereta Kyai Kuthokaharjo

Kereta ini dibuat sekitar tahun 1900- 1927, nama  kereta ini berarti "Kereta Yang Nyaman" biasa dipakai untuk membawa pangeran sebagai utusan ndalem dan membawa penganten putra/ putri Sri Sultan Hamengku Buwono.



8. Kereta Kyai Roto Biru

Kereta ini dibuat sekitar tahun 1901, dipergunakan sejak Sri Sultan Hamengku Buwono VIII,  biasa dipergunakan untuk keluarga keluarga kerajaan.



9. Kereta Bendoyo Permili (Kereta Kyai Permili)

Dibuat sekitar tahun 1880, merupakan kereta keluarga kraton dan biasanya dipakai untuk para penari bedoyo dan abdi dalem manggung kakung.


10. Kereta Garudayaksa

Kereta ini dipesan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VI di Hermas & Co, Denhaag, sekitar tahun 1867 - 1869. Merupakan kereta kebesaran dan  nama kereta ini memiliki arti " Kendaraan Burung Matahari". Kereta ini dipergunakan pertama kali  oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII dan juga dipergunakan saat penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, IX dan X



11. Kereta Kyai Mondrojuwolo

Kereta ini dibuat tahun 1810 - 1830 namanya berarti "Sinar menyala Lurus" (Sinar Cemerlang) kereta ini dahulu dipakai sebagai kendaraan dinas Pangeran Diponegoro sewaktu menjadi wali Sri Sultan Hamengku Buwono V

Itulah beberapa Kereta Keraton Yogyakarta, semoga bisa menambah pengetahuan. (hasil wisata ke Keraton Jogja)

No comments:

Powered by Blogger.