Header Ads

Gamelan Kyahi Kebo Ganggang

Berkunjung ke Yogyakarta tidak akan pernah bosan - bosannya, disamping sebagai salah satu tujuan terpopuler bagi wisatawan yang berkunjung di Indonesia juga merupakan central  budaya  dan adat istiadat yang banyak ragamnya. Salah satu tujuan wisata selama berada di kota Yogyakarta adalah mengunjungi Keraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta yang terletak di tengah pusat Kota merupakan destinasi utama para wisatawan jika berkunjung ke Kota Yogyakarta, Jika anda berwisata masuk ke area Keraton Yogyakarta akan disuguhkan beraneka ragam budaya yang ada di keraton salah satunya yang menarik adalah adanya dipajang seperangkat gamelan yang bernama Kyahi Kebo Ganggang.
 
Perangkat gamelan kuno yang bernama Kyahi Kebo Ganggang ini terletak di Bangsal Kori sebelah barat dikomplek sitihinggil merupakan Perangkat gamelan kuno, konon  berasal dari kerajaan Majapahit, merupakan gamelan ke-2 setelah Kyahi Guntur Laut.

Seperangkat gamelan yang biasa disebut juga Mahesa Ganggang ini dipercayai jika dimainkan mengeluarkan alunan nada yang magis dan terdengar aneh bagi orang awam seperti ketika dilantunkan lagu  dolanan anak - anak di masa lampau yaitu kodok ngorek. Perangkat gamelan ini biasa dimainkan para abdi dalem saat acara - acara resmi kenegaraan seperti upacara sunatan, atau upacara ulang tahun Sultan, dan juga untuk mengiringi prosesi gunungan.




No comments:

Powered by Blogger.