Header Ads

Berkunjung ke komplek Percandian Prambanan

Candi Prambanan sering disebut juga Candi Loro Jonggrang terletak diperbatasan antar provinsi DI Yogyakarta dan Provinsi Jawa tengah, dari kota Yogyakarta berjarak kurang lebih 17 km ke arah timur perisi di tepi jalan Raya Yogya - Solo.

Di kawasan ini terdapat banyak candi, gugusan candi ini dinamakan Prambanan karena terletak didaerah Prambanan, sedangkan nama Loro Jonggrang berkaitan dengan legenda yang menceritakan seorang gadis joonggrang atau gadis jangkung putri prabu Boko.

Gugusan percandian Prambanan ini merupakan kelompok percandian Hindu yang dibangun oleh para raja - raja Dinasti Sanjaya di abad IX. Saat berkunjung ke kawasan ini ramai dipenuhi oleh para pengunjung.

Komplek Percandian ini terdiri dari beberapa gugus candi yang terdiri dari gugusan pertama seperti  : Candi Siwa, Candi Wisnu dan Candi Brahma, pada gugus candi yang kedua yaitu Candi Nandi, Candi angsa dan Candi Garuda. pada ujung - ujung lorong yang memisahkan gugusan pertama dan kedua tersebut terdapat Candi Apit.


Disekitarnya juga terdapat beberapa candi yang berukuran lebih kecil, empat diantaranya disebut Candi Kelir dan mpat candi lainnya disebut Candi Sudut.

No comments:

Powered by Blogger.