Header Ads

Yuk bandingkan Kakao Talk, Whatsapp, Line dan WeChat ?

Para pengguna smartphone, akhir-akhir ini benar - benar dimanjakan dengan  layanan instant messaging lintas platform mobile mulai  dari Whatsapp, Line, Kakao Talk hingga WeChat, yang kesemuanya tadi bersaiang dalam memperebutkan perhatian para pengguna smartphone.

Aplikasi instant messaging  tersebut diatas  saat ini kelihataan sangat rajin berpromosi, melalui iklan maupun media massa. Semua mengklaim memiliki layanan yang lebih unggul dibanding yang lain. Nah, sebenarnya instant messaging mana yang paling unggul?  Simak berikut dibawah ini mengenai perbandingan Kakao Talk, Whatsapp, Line dan WeChat

1. WhatsApp

Pertama kali populer di Indonesia yaitu WhatsApp yang dibesut oleh mantan punggawa Yahoo Brian Acton dan Jan Koum. WhatsApp mencoba mencuri perhatian pengguna smartphone karena dapat mengungguli BlackBerry Messenger ( BBM ) yang memiliki keterbatasan karena hadir diplatform BlackBerry saja. Baik WhatsApp maupun BBM memiliki fitur yang mirip, yaitu hanya bisa saling bertukar pesan, gambar, suara dan membuat grup chatting namun WhatsApp dapat berjalan diplatform Android, iOS, BlackBerry, Symbian, S40, BlackBerry OS, BlackBerry 10 dan Windows Phone. Group chat dibatasi hanya 30 nomor dan tidak ada yang bisa menambahkan nomor selain admin ( pembuat group ). Berbeda dengan BBM yang berbasis PIN, WhatsApp berbasis nomor telepon yang didaftarkan.
2. Line

Setelah beberapa waktu, orang - orang mulai menggunakan aplikasi Line. Line dapat berjalan diplatform iOS, Android, BlackBerry, serta PC. Line terkenal karena memiliki fitur sticker, yaitu semacam animasi lucu yang dapat dikirim ke pengguna lain. Selain itu sesama anggota Line dapat saling menelpon dengan berbasis VoiP (Voice Internet Protocol). Fitur lain yang sedikit membedakan Line dari aplikasi yang lain yaitu pengguna Line dapat mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Timeline merupakan fitur lain yang ditawarkan kepada para pengguna Line. Kita dapat menuliskan apa yang ada dipikiran seperti kita menulis status di Facebook. Selain itu, karena lintas platform maka sesama pengguna Line dapat bermain game secara bersamaan.
.
3. Kakao Talk

Selanjutnya muncul Kakao Talk. Berasal dari Korea Selatan, Kakao Talk dapat berjalan diplatform iOS, Android dan BlackBerry. Selain berbagi pesan dan gambar, pengguna Kakao Talk dapat menelepon gratis berbasis VoIP secara bersamaan tanpa batas. Kualitas suara yang dihasilkan saat free call bergantung pada kualitas internet yang digunakan serta jumlah anggota yang ikut menelepon. Fitur Kakao tidak selengkap Line. Namun Kakao Talk memiliki Item Shop yang menjual sticker bercitarasa lokal. Misalnya seperti sticker lucu dari Pocong.
.
4. WeChat

WeChat dikembangkan di China. WeChat memiliki fitur berbagi pesan, emoticon, dan telepon berbasis VoiP. Seperti Line, dengan WeChat kita dapat berbagi aktivitas yang sedang kita kerjakan dengan adanya Timeline. Dapat berjalan di platform iOS, Android, Blackberry, Symbian, dan PC. WeChat memiliki fitur lain daripada yang lain yaitu fitur Look Around. Dengan fitur Look Aroung, kita sebagai pengguna WeChat dapat mencari sesama pengguna WeChat lainnya di lokasi tempat kita berada. WeChat juga memberikan kemudahan bagi kita yang ingin berpindah ke PC, karena kita tidak perlu mendownload WeChat versi desktop. Cukup scan QR code maka kita langsung dapat berpindah ke PC.
.

No comments:

Powered by Blogger.