Header Ads

Mini Afrika ada di Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur sering disebut - sebut sebagai Afrika Mini, Taman Nasional Baluran ini merupakan salah satu Taman Nasional yang ada di Indonesia  memiliki luas 25.000 ha diarea taman nasional ini terdapat  Gunung Baluran dan Pantai Bama.

Kawasan ini terdapat padang savana (disebut bekol) yang sangat luas dengan banyak habitat flora fauna yang masih terjaga dan pemandangan ini mirip dengan daerah kawasan  Afrika, apalagi saat musim kemarau padang savana menjadi sangat tandus dan gersang.

Untuk akses menuju Taman Nasional Baluran ini  :
  • Jika anda dari Banyuwangi menuju arah Surabaya sebelum memasuki jalan raya Baluran, terdapat pintu masuk Taman Nasional Baluran. Jarak tempuh adalah 45 menit sampai Pintu masuk.
  • Sebaliknya dari Surabaya, anda arahkan kendaraan menuju Banyuwangi, setelah melewati jalan raya hutan Baluran atau keluar dari hutan Baluran di kiri jalan terdapat pintu masuk Taman Nasional Baluran. jawarak tempuh sekitar 6 - 7 jam sampai di pintu masuk.
Dari pintu masuk Taman Nasional Baluran ke Bekol (Padang Savana)  sekitar 12 km dan dari Bekol ke Pantai Bama berjarak 3 km.
 
Di Taman Nasional Baluran terdapat 2 tempat untuk menikmati kawasan ini  yaitu :

- Bekol, nama tempat yang terkenal dengan Padang Savana dikawasan ini ada menara pemantau
- Pantai Bama, pantai pasir putih yang paling cocok untuk melihat sunrise dan snorkeling.

No comments:

Powered by Blogger.