Header Ads

Khasiat lengkuas bagi kesehatan

Lengkuas termasuk tumbuhan yang mempunyai tinggi batangnya bisa mencapai 2,5 meter,  dapat hidup di daerah dengan dataran rendah dan juga di dataran tinggi.  Lengkuas termasuk tanaman yang biasa dipakai untuk pengobatan. Di negeri China lengkuas biasa dipakai pengobatan tradisional, jenis yang sering dipakai lengkuas merah yang memiliki sifat antijamur dan antikembung.

Lengkuas dengan nama latin Alpinia Galanga dikenal di pulau jawa biasa disebut ‘laos’ , ‘laja’ di Sunda, ‘langkueh’ di Minang dan masih banyak lagi istilah lainnya yang berbeda di setiap daerah.

Lengkuas yang biasanya bagian rimpangnya dipakai  sebagai bahan obat ini mempunyai banyak kandungan senyawa yang bermanfaat untuk mengobati beerbagai penyakit. Nah berikut ini beberapa khasiat dari lengkuas yang dapat dipakai sebagai bahan obat tradisional.

Lengkuas dipakai untuk Mengobati Penyakit kulit seperti  Panu, kadas, kudis,
Umbi lengkuas dan kapur sirih secukupnya, kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, lalu digosokkan pada bagian yang sakit, setiap pagi dan  sore hari.


Lengkuas untuk Mengobati. Sakit kepala, nyeri dada, menguatkan lambung, memperbaiki pencernaan
Pengobatan: di jadikan bumbu dapur,  Rimpang lengkuas yang di jadikan bumbu dapur di campur dalam masakan sehari-hari.

Lengkuas untuk Obat gosok,
khusus untuk Pengobatan luar, di gosok pada perut,  Iris rimpang lengkuas, rendam dalam alkohol dan gosokkan irisan rimpang tadi ke perut yang sakit

Seperti itulah khasiat Lengkuas untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

No comments:

Powered by Blogger.