Header Ads

Candi Lor Loceret Nganjuk

Kota Nganjuk memiliki potensi sektor pariwisata, selain  keindahan panorama alam yang lain  yaitu obyek wisata yang mengandung unsur  nilai budaya, salah satu destinasi wisata budaya yang paling menonjol adalah Candi Lor.
 
Lokasi candi lor di desa Candirejo kecamatan Loceret kabupaten Nganjuk. Menuju Candi Lor Nganjuk ini sangat mudah dijangkau bila anda yang ingin berkunjung.  Dengan transportasi umum, gunakanlah  bus jurusan Nganjuk - Kediri turun di pertigaan Loceret. Setelah itu anda bisa berjalan kaki, untuk mempercepat gunakanlah becak ataupun ojek motor.

Pada Candi Lor ini, membukti sejarah berdirinya kota Nganjuk. Bukti peninggalan di masa lampau ini memang sudah terlihat sangat tua. Kawasan sekitar candi ini seluas 91654 meter persegi, candi dengan tinggi lebih kurang 9,3 meter, dibangun dengan menggunakan batu andesit sebagai bahan dasarnya.

Candi ini berbentuk sususan batu bata merah juga disebut dengan candi boto (batu bata),komponen lain dari candi ini adalah pecahan yoni dan ambang pintu. Sebenarnya terdapat dua arca yang ada di candi ini, namun mungkin sudah dipindahkan ke museum Anjuk Ladang untuk menjaga estestika dan kemurnianya.

Di kawasan ini terdapat pula batu bertulis yang memuat kata yang sangat dekat sekali dengan Nganjuk, yakni Anjuk Ladang. Lokasi wisata Candi Lor ini terletak di tengah-tengah persawahan warga. Sehingga kita bisa merasakan semilir angin sejuk di sela-sela padi yang mengalun senada dengan tiupan angin.

No comments:

Powered by Blogger.