Header Ads

Berwisata ke Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali

Mendengar nama Bedugul, tentu sudah tidak asing ditelinga kita, daerah berhawa sejuk dengan pemadangan gunung dan danau yang indah. Selain danau dan gunung dikawasan ini juga ada hutan yang dilindungi yaitu Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali.

Wisata Kebun  Raya Eka Karya Bedugul ini  terletak kurang lebih 800 m dari Danau Beratan dan 500 m dari pasar candikuning, kawasan kebun raya ini berada diketinggian + 1250 m dari permukaan laut. Kebun botani besar ini terletak di wilayah Kabupaten Tabanan, Bedugul Bali dan merupakan kebun raya pertama hasil karya putra bangsa Indonesia yang dikelola oleh  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) didirikan pada tanggal 15 Julli 1959.

Diawal pendiriannya Kebun Raya Eka Karya Bali hanya diperuntukkan untuk jenis tetumbuhan runjung. Seiring perkembangan dan perubahan status serta luas kawasannya  kini menjadi kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika Kawasan bagian Timur Indonesia. Luas Kebun Raya bedugul  saat ini seluas 157,5 ha.

Untuk bisa masuk ke kebun raya ini anda harus membeli tiket dengan harga yang cukup terjangkau di pintu gerbang masuk. Kebun Raya Bali ini memadukan pembelajaran penelitian botani, pelestarian tumbuhan, pendidikan dan sekaligus juga menawarkan rekreasi bagi anda. Disini anda dapat bersantai sambil menikmati keindahan dan kedamaian sambil belajar mengenal  berbagai macam tumbuh - tumbuhan. Di kebun raya inipun anda dapat melihat tumbuhan hutan hujan tropik dan kehidupan satwa burung yang ada di dalam hutan dan sekitarnya.

Untuk sarana rekreasi, bermacam aktivitas disaat hari libur  tampak rama, seperti kegiatan outbound yang dilakukan oleh berbagai kelompok dari perusahan maupun instansi pemerintahan.  Sepanjang jalan menuju Kebun Raya Bedugul banyak terdapat penginapan dan restoran dengan berbagai makanan khas daerah bali dan Indonesia dan juga menu standar International.


No comments:

Powered by Blogger.