Header Ads

Tips mengemudi saat perjalanan jauh

Berlibur dengan mengemudi mobil sendiri tentu lebih memberi keleluasaan anda untuk mengatur tempat dan jadwal perjalanan liburan anda dan tentunya andapun bisa beristirahat di tempat yang dinginkan selama perjalanan.


Beberapa tips dalam mengemudi jarak jauh dibawah ini, bisa membantu perjalanan anda menjadi lebih nyaman.
  1. Sebelum memulai perjalanan jauh anda harus memastikan kendaraan dalam kondisi baik dan andapun sebagai pengemudi dalam kondisi sehat untuk mengemudi jarak jauh dan tidak lupa untuk melengkapi diri dengan surat ijin mengemudi beserta surat - surat kendaraan.
  2. Pastika anda sudah mengetahui rute yang akan ditempuh kalaupun belum anda harus mempersiapkan Peta (map) sebagai petunjuk dalam perjalanan, apabila diperlukan anda sebaiknya melengkapi mobil anda dengan alat semacam GPS.
  3. Masuk ke dalam mobil, ambil dan pastikan  posisi duduk anda yang terasa nyaman, lalu mulai mengetest rem dan lainnya dan memasang sabuk pengaman selama mengemudi.
  4. Selama mengendarai mobil pastikan anda memperhatikan posisi sekeliling secara kontinyu dengan tetap fokus pandangan ke depan khususnya jika anda akan berbelok dan mengganti posisi porseneling mobil anda (dalam hal mengurangi kecepatan dan menambah kecepatan) sambil melirik ke kaca spion. tidak lupa untuk menyalakan lampu sign kiri maupun kanan jika akan berbelok.
  5. Selama perjalanan jaga jarak aman  dari kendaraan lain, hal ini penting saat pengreman maksimum jika terjadi hal - hal diluar dugaan.
  6. Paculah kendaraan anda dalam standar kecepatn yang aman , perhatikan rambu - rambu kecepatan yang ada.
  7. Jika memasang AC mobil, Sebaiknya anda membuka kaca jendela  mobil beberapa menit,setiap 2- 3jam perjalanan.
  8. Jika anda merasa lelah dan mengantuk sebaiknya jangan memaksakan untuk terus mengemudi, carilah  tempat beristirahat (rest area) untuk berhenti dan beristirahat secukupnya.
Semoga bermanfaat, Selamat menempuh perjalanan yang nyaman dan sampai ditempat tujuan dengan selamat.

No comments:

Powered by Blogger.