Header Ads

Jalan - jalan ke Gili Trawangan, Lombok Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan adalah salah satu andalan Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi kunjungan para turis mancanegara.  Pulau kecil yang eksotis ini sudah terkenal di mancanegara, disekitarnya juga terdapat  Gili Meno dan Gili Air. 

Jika dari pulau Lombok untuk menuju Gili Trawangan dapat ditempuh menggunakan perahu bermotor dari penyeberangan. Tempat menyeberang yang biasa dari pelabuhan Bangsal. Dari Bandara Selaparang anda bisa menggunakan taxi atau mobil sewaaan yang banyak di jumpai di sekitar bandara. Dengan menumpang taxi dari bandara anda bisa langsung menuju pelabuhan bangsal dengan membayar argo taxi sekitar Rp. 90.000-an sampai 100.000 dengan jalur yang normal. Dan anda akan diantar sampai di sebuah terminal kecil, jarak terminal dan tepi pantai menyeberang tidaklah terlalu jauh sekitar 300 meter, jadi anda  bisa berjalan kaki atau  mencoba angkutan tradisional yaitu Cidomo yang banyak ada di sekitar terminal.

Sesampai di pelabuhan penyeberangan, anda bisa membeli tiket untuk menyeberang. Untuk menyeberang anda bisa menggunakan perahu bermotor yang biasa dengan tarif reguler alias murah dan jarak tempuh biasanys sekitar setengah jam lebih. Maksudnya tarif reguler anda akan menyeberang dengan memakai perahu dengan penumpang yang ramai karena perahu ini biasa juga dipakai menyeberang penduduk setempat. Jika menggunakan perahu ini anda harus sedikit bersabar karena harus menunggu sampai penuh baru bisa berangkat nyeberang. Namun jika anda ingin langsung nyebrang anda harus menyewa speed boat atau perahu  sewaan sendiri tentu dengan tarif khusus diatas tarif biasa.

Gili Trawangan pulau kecil yang eksotis dengan deretan pepohonan yang tertitup angin sepoi-sepoi seakan - akan menari, bangunan rumah-rumah ala tradisional beratap jerami, pantai yang berpasir putih bersih dengan air laut bening dan berwarna biru menambah indah pemandangan.


Banyak bule (turis asing) yang berjemur dan berjalan lalu lalang disekitar pantai dan pertokoan dan hampir tampak lebih banyak bule yang seliweran sehingga terkesan seperti kampung bule. Aktivitas lainnya para  wisatawan selama di gili ini seperti berselancar, snorkeling, menyelam (diving), pemandangan bawah laut disini terdapat berbagai macam terumbu karang dan berbagai ikan hias yang berwarna warni.

Dipulau ini terdapat semacam pasar seni yang didalamnya ada toko - toko yg menjual barang seni sebagai suvenir, cafe-cafe yang menjual berbagai makanan dan minuman dengan bermacan aneka masakan dalam maupun luar negeri dan disekitarnya pun ada beberapa penginapan untuk anda yang bermalam selama dipulau ini. 


Dipulau ini sarana trasportasi yang banyak terlihat adalah Cidomo dan sepeda gayung di pakai oleh para wisatawan berkeliling untuk menikmati pemandangan alam di Gili Trawangan ini.

No comments:

Powered by Blogger.