Header Ads

Beberapa Tips Tetap Sehat Saat Bepergian

Wisatawan yang bepergian atau traveling ke berbagai tempat di dunia  memiliki kemungkinan hingga 50 persen tertular penyakit. Kemungkinan menular penyakit ringan sampai penyakit yang berat bisa saja terjadi pada anda yang bepergian untuk berlibur ke suatu tempat, karena beberapa penyakit menular yang sangat serius telah endemik di beberapa bagian dunia. Dengan itu tentunya anda harus mempersiapkan diri dengan baik saat akan bepergian.

Beberapa cara dan langkah-langkah agar tetap sehat dan melindungi diri dari penyakit saat bepergian sebagai berikut :


Siapkan segala sesuatu untuk perjalanan
Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan agar tetap sehat saat liburan, termasuk bila perlu anda  medical check-up sebelumnya untuk memastikan Anda sehat sebelum bepergian. Bila perlu melakukan vaksinasi untuk mencegah virus - virus tertentu. Pastikan Anda cukup membawa obat-obatan yang Anda butuhkan saat perjalanan.

Memperhatikan Makan dan minum yang dikonsumsi saat bepergian
Penyakit yang paling sering menyerang saat dalam perjalanan adalah penyakit  pencernaan karena biasanya makanan yang dikonsumsi tidak seperti makanan dirumah keseharian anda dan anda cenderung tidak kontrol dalam mengkonsumsi sesuatu karena terbawa suasana liburan. Untuk menghindari penyakit yang menyerang pencernaan seperti diare, sakit perut, mual dan muntah sebaiknya anda :
  • Memastikan setiap air yang diminum telah direbus dengan matang atau sebaiknya minum  air kemasan.
  • Sebaiknya hindari es dalam minuman,  Hindari susu dan produk susu yang tidak dipasteurisasi.
  • Pastikan makanan yang dimakan benar-benar fresh atau baru dimasak.
  • Hindari mengkonsumsi kerang.
  • Pilihlah makanan yang dijual diwarung tempat makan yang anda anggap bersih dan aman dari penyakit perut.
Hindari gigitan serangga ketika bepergian
Beberapa penyakit menular yang serius seperti malaria, demam berdarah danlainnya, ditularkan oleh gigitan serangga. Meskipun anda telah melkukan vaksin dan menyiapkan obat tetap disarankan untuk selalu melindungi diri terhadap gigitan nyamuk. beberapa tips memghindarkan gigitan serangga seperti memakai losien anti nyamuk. Kenakan kaus kaki, celana panjang, dan kemeja lengan panjang saat keluar rumah. Tetap ber-AC dalam ruangan.

Berhati - hati terhadap Infeksi penularan melalui hubungan Seksual.

HIV / AIDS dan penyakit yang menular melalui hubungan seksual lainnya  telah endemik dibanyak negara, untuk itu disarankan untuk melakukan hubungan seks yang sehat dan aman sangatlah penting.

No comments:

Powered by Blogger.