Header Ads

Mujair Nyat - Nyat sensasi bumbu khas Bali


Jikalau anda sempat berkunjung ke Kabupaten Bangli, selain biasanya menikmati Panorama Gunung Batur dengan Danau Batur  yang mempesona dan sangat terkenal keindahannya, anda juga  jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba masakan ikan Mujair  yang mempunyai rasa yang khas dan terkenal. Menu masakan ikan Mujair bakar atau goreng ini dipadu dengan racikan rempah khas Bali.

Menu  Ikan Mujair ini disajikan  menggunakan  sambal matah yang merupakan cita rasa  masakan khas Bali dan ini biasanya menjadi  favorit pengunjung yang datang. Bumbu olahan Mujair lain yang juga banyak diminati yaitu  " Bumbu Nyat-Nyat. Masakan yang diolah  mirip ikan pepes, hanya saja bumbu rempah rempahnya lebih terasa  seperti batang sereh, kunyit, lengkuas, jahe, hingga kencur, Sangat nikmat dan penuh sensasi jika dikonsumsi. Apalagi konon menurut informasi bahwa bahan baku ikan yang dipakai adalah langsung dihasilkan dari Danau Batur, dan ini mempunyai rasa yang  berbeda dengan mujair yang dihasilkan daerah lainnya di Bali.

Beberapa tempat yang menyediakan sajian olahan mujair ini di Kabupaten Bangli adalah seperti Warung Mujair di Desa Songan, Warung Pak Bagong di Jalan LC Aya, Warung Cita Rasa di Jalan LC Uma Bukal dan beberapa tempat di Kota Bangli.

Menikmati Santapan Mujair dengan bumbu yang khas ini menjadi tambah nikmat jika dibarengi dengan menikmati minuman segar yang disebut Minuman Loloh , yaitu minuman yag diracik  dari daun ‘cem-ceman' dikombinasi dengan sejumlah dedaunan yang berkhasiat lainnya.

1 comment:

  1. Mari coba mujair nyat nyat ala NEW SARI ULAM Celuk sukawati.....rasakan bedanya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.